Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Panglima TNI, TB Hasanuddin: Perpanjangan Hanya Dimungkinkan Dalam Keadaan Darurat  Militer dan  Darurat  Perang

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin menolak opsi perpanjangan masa jabatan Panglima TNI .

Hasanuddin menegaskan, sebaiknya acuan yang digunakan mengenai masa bakti prajurit TNI mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku sampai saat ini, yakni UU 34/2004 Pasal 53 tentang TNI yang menyebutkan bahwa Prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun bagi perwira, dan 53 (lima puluh tiga) tahun bagi bintara dan tamtama.

Kemudian diatur juga dalam PP RI  no 39/ 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI , Pasal 21 ( 1 ) a : Masa ikatan dinas lanjutan sebagaimana dimaksud dalam pasal 17 ayat ( 1 ) hurup b , bagi perwira sampai usia paling tinggi 58 tahun.

“Pergantian Panglima TNI ini pun penting untuk regenerasi. Jangan sampai ada kesan TNI dipimpin oleh pensiunan,” kata Hasanuddin, Selasa 19 September 2023.

Hasanuddin juga mempertanyakan alasan yang digunakan dalam opsi perpanjangan masa jabatan Panglima.

Sebab, dalam organisasi kemiliteran, pergantian dalam keadaan apa pun harus tetap dilaksanakan.

“Jika seorang komandan  gugur dalam sebuah pertempuran, hitungan menit itulah harus segera dicarikan penggantinya.  Enggak kemudian, nanti nunggu aman, ya enggak bisalah.

Apalagi ini seorang Panglima TNI masih ada kepala staf-kepala staf yang lain. Jadi apa yang perlu dirisaukan,” ujarnya.

Namun begitu, Hasanuddin mengungkapkan perpanjangan masa jabatan Panglima TNI dapat dilakukan

bila terjadi seperti di Pasal 60, yang berbunyi: (1) Dalam menghadapi keadaan darurat militer dan keadaan perang, setiap Prajurit Sukarela dan Prajurit Wajib yang telah berakhir menjalani dinas keprajuritan dapat diwajibkan aktif kembali.

“Perpanjangan memang dapat dilakukan tapi dalam kondisi darurat dan ini sesuai undang-undang.  tandasnya. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan