Peringati HUT ke-78, PMI Kota Cirebon Usung Tema “Menolong Sepenuh Hati”

JABAR EKSPRES — HUT  ke-78 PMI Kota Cirebon  diperingati berbagai kegiatan, mulai dari keakraban hingga kegiatan sosial masyarakat.

Ketua PMI Kota Cirebon, dr. Edial Sanif, menyampaikan tahun ini peringatan HUT PMI Kota Cirebon ke 78 tahun memiliki konsep berbeda.

“Tema kita tahun ini, menolong sepenuh hati maksudnya adalah kita tanpa pamrih segala apapun untuk kemanusiaan itu harus netral, tanpa memandang latar belakang agama, politik, sosial, peduli, dan status siapapun orangnya,” kata dr. Edial, Selasa 19 September 2023.

Mengusung tema “Menolong Sepenuh Hati”, konsep ini sebagai acuan untuk para pemberi layanan donor darah, membantu masyarakat, maupun menolong korban kecelakaan dan masih banyak lagi.

“Kita menolong dengan sepenuh hati, ulang tahun ke-78 kita harap semua lini bagian yang terkait dengan kemanusiaan, betul-betul melakukan kegiatan inovatif, inovasi yang memberi motivasi untuk kemanusian,” ujarnya.

Seperti diketahui, PMI Kota Cirebon bukan hanya penyedia kantong darah pada Unit Donor Darah, tetapi ada unit Markas yang ditugasi membantu masyarakat.

“Pak Yusuf Kalla berpesan bahwa usia ke-78 tahun, bukan hanya sosialisasi kepada masyarakat bahwa PMI bukan hanya membantu donor darah saja tetapi seluruh keadaan kegawatan bencana, kegawatan alam dan lain sebagainya, termasuk kegawatan sosial, PMI tampil pertama untuk membantu masyarakat,” jelasnya.

Keduanya unit tersebut, sama-sama memiliki arti sendiri bagi keberlangsungan sosial masyakat lini kesehatan.

“Pertama meresemikan kegiatan pelatihan KSR, Tasyakuran, dan nanti tanggal 27 september itu upacara di Balaikota dan ada lomba yel-yel setiap ranting di sekolah, pemberian penghargaan bagi pendonor aktif, dan bekerjasamaa dengan Damkar Kota Cirebon dalam pembagian air bersih ke tempat- tempat yang terdampak kekeringan,” bebernya.

Rangkaian kegiatan HUT PMI Kota Cirebon ke-78 tahun, masih berjalan teranyar pada puncak acara PMI Kota Cirebon menggelar upacara sekaligus lomba-lomba, pemberian penghargaan dan pendistribusian air bersih.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan