Miliki Tekstur Yang Renyah, Ketahui Manfaat Konsumsi Jamur Enoki!

JABAR EKSPRES – Jamur enoki yang biasa digunakan dalam berbagai jenis masakan terutama pada wilayah Asia, diketahui memiliki manfaatnya bagi kesehatan.

Jamur enoki juga dapat dikenal sebagai jamur enokitake atau Flammulina velutipes yang memiliki berbagai nutrisi di dalamnya seperti serat, vitamin, dan mineral. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin B, vitamin D, folat, niacin, fosfor, dan zat besi.

Di bawah ini terdapat manfaat dari konsumsi jamur ini bagi kesehatan, berikut diantarnya:

Manfaat Jamur Enoki

  • Serat

Jamur enoki mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan. Serat membantu mengatur pencernaan, mencegah sembelit, dan dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

BACA JUGA: Menambah Citarasa Masakan, Ketahui Manfaat Lain Kecombrang!

  • Rendah Kalori

Jamur enoki memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok sebagai pilihan makanan rendah kalori untuk mereka yang ingin mengontrol berat badan.

  • Kandungan Antioksidan

Jamur enoki mengandung senyawa antioksidan seperti ergothioneine, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi jamur enoki bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap penyakit.

  • Sumber Protein

Miliki jumlah protein yang sedikit , jamur enoki tetap dapat menjadi sumber tambahan protein dalam diet vegetarian atau vegan.

BACA JUGA: Selain Menambah Rasa, Ketahui Manfaat Lain Dari Lada Putih!

  • Potensi Anti-Kanker

Meskipun penelitian masih terbatas, beberapa studi praklinis menunjukkan bahwa senyawa dalam jamur enoki dapat memiliki potensi anti-kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami peran jamur enoki dalam pencegahan kanker.

  • Mendukung Kesehatan Jantung

Serat dan antioksidan dalam jamur enoki bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Rendah Lemak

Jamur enoki mengandung sedikit lemak jenuh dan kolesterol, menjadikannya pilihan yang baik untuk diet rendah lemak dan sehat.

  • Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Jamur enoki mengandung zat yang disebut beta-glucans, yang dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi lain dalam tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan