Iran Bebaskan Lima Warga Amerika Serikat Setelah Pertukaran Tahanan Senilai Rp92 T Miliar Teheran Dicairkan

JABAR EKSPRES – Iran telah membebaskan lima warga Amerika Serikat yang telah lama berada dalam penahanan. Kesepakatan ini disusun setelah dana sebesar US$6 miliar atau Rp92,2 triliun milik Iran di bank Qatar cair.

Sumber yang mengetahui detail kesepakatan ini mengungkapkan bahwa sebuah pesawat Qatar telah membawa lima warga AS tersebut untuk diterbangkan ke Doha. Kelima warga AS yang dibebaskan ini termasuk seorang pengusaha dan seorang aktivis konservasi.

Seorang informan anonim yang memiliki pengetahuan tentang peristiwa ini menyatakan, “Sebuah pesawat Qatar telah lepas landas bersama lima tahanan dan dua kerabat mereka, yang didampingi oleh duta besar Qatar.”

Baca Juga: Konflik Budaya Memanas: Klaim Karya Budaya Antara Malaysia dan Indonesia

Pihak Gedung Putih juga mengonfirmasi pertukaran tahanan ini dengan Iran. Sebagai balasan, Presiden Joe Biden telah memberikan pengampunan dan membebaskan lima warga Iran yang sedang dipenjara atau menunggu persidangan atas kejahatan non-kekerasan.

Berdasarkan laporan media Iran, dua warga Iran yang dibebaskan oleh AS telah tiba di Doha, Qatar, sementara tiga lainnya memilih untuk tetap tinggal di Amerika Serikat atau negara ketiga.

Pertukaran tahanan ini merupakan hasil kesepakatan antara Iran dan AS setelah dana sebesar US$6 miliar atau Rp92,2 triliun milik Teheran yang telah lama dibekukan di bank Qatar akhirnya dicairkan. Dana tersebut merupakan hasil penjualan minyak Iran kepada Korea Selatan beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga: Mesir Kecam Israel Selundupkan Pemukim dan Polisi ke Masjid Al-Aqsa Yerusalem, Pelanggaran Internasional!

Dana ini sebelumnya dibekukan oleh Korea Selatan setelah AS, di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump pada saat itu, kembali memberlakukan sanksi terhadap Iran. Gubernur bank sentral Iran mengonfirmasi bahwa Teheran sebelumnya telah meminta ganti rugi kepada Korea Selatan atas penahanan dana tersebut. Dana sebesar Rp92,2 triliun itu disimpan dalam enam rekening Iran di dua bank Qatar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan