Gumpalan Asap Membumbung Tinggi Jadi Pertanda Alun-alun Suryakencana Terbakar!

JABAR EKSPRES – Alun-alun Suryakencana merupakan tanah savana yang terbentang di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), dalam foto yang diterima oleh Jabar Ekspres, terlihat asap yang membumbung tinggi. Hal tersebut menjadi pertanda adanya kebakaran yang terjadi di lahan itu.

Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo, membenarkan adanya kebakaran di Alun-alun Suryakencana yang berada di kawasan Gunung Gede Pangrango.

“Benar terdeteksi melalui CCTV pukul 12.49 WIB,” ujarnya kepada awak media pada Selasa 18 September 2023.

Baca juga: Bentrok Antar Simpatisan pada Pilwu Cirebon, Sebabkan 4 Orang Korban Luka-luka!

Menurutnya, saat ini, api sudah berhasil dipadamkan. Dirinya juga sudah berupaya menurunkan tim untuk memadamkan api agar tidak menyebar hingga menimbulkan kobaran api yang lebih besar.

“Saat ini sudah berhasil dipadamkan. Tim sedang melalukan pendinginan dan memonitor apakah ada bara tersisa. Untuk luasan sedang dihitung,” pungkasnya.

Dari beberapa informasi yang dihimpun JabarEkspres.com, Alun-alun Suryakencana memiliki luas sekitar 44,13 Ha, yang biasa digunakan untuk tempat favorit bagi para pendaki untuk mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Puncak Gunung Gede.

Saat ini Jabar Ekspres terus melakukan komunikasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan yang terjadi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kerugian serta penyebab kebakaran Alun-alun Suryakencana, TNGGP. (Mg9)

Baca juga: Kapolres Ciko Beberkan Kronologis Kejadian Bentrok di Desa Kapetakan!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan