Viral!! Modus Penipuan WhatsApp, Benarkah Tombol ‘Block’ Bisa Merampok Rekening Bank?

JABAR EKSPRES – Belakangan ini, dunia maya di hebohkan dengan berita viral tentang modus penipuan online yang terhubung dengan tombol “Block” di WhatsApp.

Menurut kabar yang beredar di media sosial, menekan tombol “Block” pada whatsapp untuk memblokir nomor yang tidak di kenal dapat menyebabkan uang dalam rekening mobile banking kita lenyap tanpa jejak jadi modus penipuan baru.

Baca juga : Varian Modus Penipuan Terbaru Tinder Swindler di Indonesia

Tautan yang konon dapat menguras rekening bank di sinyalir tersembunyi dalam tombol “Block,” karena penipu di yakini telah memahami kebiasaan pengguna yang kerap memblokir nomor asing. Informasi ini telah menyebar luas di media sosial maupun WhatsApp. Namun, apakah benar adanya?

Menurut Alfons Tanujaya, seorang ahli keamanan siber dari Vaksincom, kabar tersebut sama sekali tidak benar. Tampilan nomor pengirim di WhatsApp yang di sertai tombol “Block” dengan latar belakang berwarna hitam hanyalah fitur dari WhatsApp Beta yang di kenal dengan dark mode atau mode gelap.

Alfons Tanujaya menjelaskan, “Itu adalah tampilan dark theme dari WhatsApp versi Beta dengan mode gelap sebagai latar belakangnya. Tidak benar bahwa tombol ‘Block’ dapat merampok rekening bank.”. Ini merupakan klarifikasi yang sangat penting, terutama untuk menghindari penyebaran informasi salah di media sosial dan WhatsApp, yang bisa memicu kebingungan di kalangan pengguna.

Namun, perlu di ingat bahwa meskipun kabar tentang tombol “Block” palsu, penipuan melalui WhatsApp semakin mengkhawatirkan. Para penjahat online sering mengirimkan tautan berisi malware kepada kontak WhatsApp korban sebagai bagian dari modus penipuan. Salah satu modus penipuan yang populer di WhatsApp adalah menggunakan file PDF yang berkedok undangan pernikahan.

File PDF menjadi metode phishing yang menarik bagi penipu karena dapat di gunakan di berbagai platform, dan mereka dapat berinteraksi dengan pengguna. Sehingga membuat skema penipuan terlihat lebih meyakinkan di bandingkan dengan sekadar email biasa dengan tautan teks.

Baca juga : Rugikan Hingga 1,7 Juta, Penipuan Aplikasi Jombingo yang Hilang di Playstore!! Begini Cara Kerjanya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan