Ketahui Manfaat Bawang Bombay, Selain Untuk Masakan!

JABAR EKSPRES – Bawang bombay diketahui merupakan salah satu jenis bawang yang diketahui paling banyak dibudidayakan, apa manfaatnya jika dikonsumsi?

Bawang Bombay sering digunakan sebagai bahan masakan di seluruh dunia. Bawang bombay sendiri memiliki rasa dan aroma yang lezat.

Bawang bombay sendiri mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin B6, serat, dan sejumlah mineral seperti kalium dan mangan. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa manfaat utama dari jenis bawang ini bagi kesehatan tubuh, diantarnya:

Manfaat Bawang Bombay

  • Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam bawang bombay dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh Manusia!

  • Antioksidan

Bawang bombay mengandung senyawa antioksidan seperti quercetin dan allicin. Antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi bawang bombay secara teratur telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Senyawa allicin dalam bawang bombay dapat membantu mengatur tekanan darah dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

  • Efek Anti-inflamasi

Bawang bombay memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis.

BACA JUGA: 8 Manfaat Dari Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh!

  • Menyediakan Serat

Serat dalam bawang bombay dapat membantu pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

  • Membantu Pemulihan dari Penyakit

Beberapa orang menggunakan bawang bombay untuk membantu pemulihan dari penyakit pernapasan seperti flu dan pilek karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan