Gagal Ginjal Bukan Penghalang untuk Olahraga, Tapi Ada Tipsnya

Jabar Ekspres – Olahraga merupakan salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, bagi penderita gagal ginjal, olahraga bisa menjadi hal yang perlu diwaspadai.

Pasalnya, olahraga yang terlalu berat dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Meski demikian, bukan berarti penderita gagal ginjal tidak boleh berolahraga sama sekali.

BACA JUGA: Tips Aman Olahraga di Daerah Berpolusi Udara Tinggi

Dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan ginjal hipertensi jebolan Universitas Indonesia, Dr. dr. Maruhum Bonar Hasiholan Marbun, SpPD-KGH, menjelaskan bahwa penderita gagal ginjal boleh berolahraga, namun dengan intensitas rendah atau ringan.

“Ya, olahraga boleh, namun dengan catatan dan kondisi tertentu,” kata dia ditemui pada edukasi kesehatan ginjal oleh Etana Biotechnologies di Jakarta, Minggu (17/9). Dikutip dari Antara News.

Maruhum menjelaskan, pasien gagal ginjal, termasuk yang baru dan masih dalam tahap perawatan pasca operasi transplantasi ginjal, boleh berolahraga dengan intensitas rendah atau ringan.

“Asal ada tahapannya, jangan langsung olahraga berat, dimulai dari berjalan santai, utamanya bagi lanjut usia. Bagi usia produktif sekitar 40 tahun berlari masih boleh, namun bertahap,” jelas Maruhum.

Olahraga yang disarankan antara lain:

  1. Jalan kaki
  2. Bersepeda
  3. Berenang
  4. Yoga
  5. Tai chi

Olahraga yang dilarang dilakukan oleh penderita gagal ginjal adalah olahraga yang melibatkan perut, seperti olahraga bela diri. Hal ini karena olahraga tersebut dapat menyebabkan tekanan pada perut dan ginjal.

BACA JUGA: Auto Langsing! 7 Cara Efektif untuk Mengecilkan Perut Buncit!

Tips untuk penderita gagal ginjal yang ingin berolahraga:

  1. Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan membantu menentukan jenis dan intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.
  2. Mulailah dari perlahan. Jangan langsung berolahraga dengan intensitas tinggi. Mulailah dari perlahan dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap.
  3. Dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah atau tidak enak badan, segera hentikan olahraga.
  4. Minum banyak air. Olahraga dapat membuat Anda berkeringat, sehingga penting untuk minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.

Pasien gagal ginjal yang ingin berolahraga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis dan intensitas olahraga yang sesuai. Selain itu, pasien juga perlu melakukan perawatan dan pengobatan secara rutin untuk menjaga kondisi ginjal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan