Menambah Citarasa Masakan, Ketahui Manfaat Lain Kecombrang!

JABAR EKSPRES – Kecombrang atau yang biasa dikenal juga sebagai bunga kecombrang atau bunga kantan merupakan jenis tanaman yang sering dimanfaatkan dalam masakan di berbagai negara tropis, terutama di Asia Tenggara.

Selain memiliki tampilan yang cantik, ketahui beberapa manfaat dari mengonsumsi tanaman berbunga merah ini, berikut diantaranya:

Manfaat Kecombrang

  • Rasa Segar dan Pedas

Kecombrang memiliki rasa yang unik, yakni segar dengan sentuhan pedas. Ini dapat digunakan untuk memberikan rasa yang berbeda pada hidangan kamu, terutama dalam masakan pedas.

BACA JUGA: Miliki Kandungan Kurkumin, Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Tubuh!

  • Peningkatan Imunitas

Kandungan vitamin C dalam kecombrang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

  • Pengobatan Tradisional

Beberapa masyarakat di Asia Tenggara telah menggunakan kecombrang dalam pengobatan tradisional. Ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, mengurangi peradangan, dan bahkan meredakan demam.

  • Sumber Antioksidan

Seperti banyak buah-buahan dan tanaman lainnya, kecombrang mengandung antioksidan, seperti vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan dapat memiliki manfaat kesehatan jangka panjang.

BACA JUGA: Gurih dan Lezat, Ketahui Kandungan Nutrisi Dalam Ikan Kembung!

  • Aroma dan Rasa

Kecombrang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan, terutama dalam hidangan seperti rendang, sup, dan hidangan laut. Aromanya yang kuat dapat meningkatkan selera makan dan memberikan rasa yang khas pada hidangan.

  • Minuman Segar

Daun dan bunganya juga dapat digunakan untuk membuat minuman segar, seperti teh atau jus. Ini adalah cara yang baik untuk menikmati manfaat rasa dan kesehatan kecombrang.

  • Bumbu Tradisional

Dalam masakan Indonesia, kecombrang adalah salah satu bumbu tradisional yang penting. Ini sering digunakan dalam hidangan khas seperti sambal, ayam goreng, dan ikan bakar.

  • Manfaat Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kecombrang dapat memiliki potensi manfaat kesehatan, termasuk kemampuan anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Namun, perlu diketahui juga bahwa mengonsumsi kecombrang dalam jumlah besar dapat mengakibatkan adanya efek samping diantaranya seperti masalah pencernaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan