Manfaat Garam yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Khasiatnya Gak Main-Main!

JABAR EKSPRES — Garam, atau natrium klorida, adalah bahan yang umumnya digunakan dalam masakan dan mungkin sering kali dihindari dalam upaya menjaga kesehatan yang baik. Namun, ada beberapa manfaat garam yang penting bagi kesehatan kita.

Penting untuk diingat bahwa konsumsi garam harus seimbang, karena terlalu banyak garam dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi. Di bawah ini adalah beberapa manfaat garam yang perlu kamu ketahui.

Pengaturan Cairan Tubuh

Garam membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sodium adalah elektrolit yang penting, dan tubuh kita membutuhkannya untuk menjaga tekanan darah yang sehat, volume darah yang cukup, dan keseimbangan cairan tubuh.

BACA JUGA: Ternyata Beberapa Alasan Ini Bisa Menjadi Penyebab Pembekuan Darah!

Pencernaan yang Sehat

Garam juga diperlukan untuk pencernaan yang baik. Sodium membantu dalam produksi asam lambung yang diperlukan untuk mencerna makanan dengan baik. Tanpa cukup sodium, pencernaan mungkin terganggu.

Keseimbangan Elektrolit

Garam membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, termasuk natrium dan kalium. Keseimbangan elektrolit yang sehat penting untuk fungsi saraf dan kontraksi otot yang tepat.

Kesehatan Tulang

Sodium dalam garam berperan dalam menjaga kepadatan tulang yang baik. Kekurangan sodium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang meningkatkan risiko osteoporosis.

Keseimbangan Asam-Basa

Garam juga membantu menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh. Ini penting untuk menghindari kondisi asidosis atau alkalisosis yang dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Penyerapan Nutrisi

Garam diperlukan untuk penyerapan beberapa nutrisi penting dalam usus kecil, termasuk glukosa dan asam amino. Ini berkontribusi pada penyerapan nutrisi yang lebih baik dalam makanan yang kita konsumsi.

Mencegah Dehidrasi

Garam membantu mengurangi risiko dehidrasi dengan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Saat kita berkeringat atau kehilangan cairan melalui aktivitas fisik, mengonsumsi garam dapat membantu mengganti natrium yang hilang.

Memelihara Tekanan Darah

Meskipun konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, jumlah yang cukup diperlukan untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Sodium membantu mengatur volume darah dan kontraksi otot yang berperan dalam menjaga tekanan darah normal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan