Ketahui Makanan untuk Penderita Diabetes di Sini!

JABAR EKSPRES — Meskipun tidak dapat disembuhkan, penderita diabetes dapat mengelola kondisinya dengan baik melalui perubahan gaya hidup, termasuk pola makan yang sehat. Dalam tulisan ini, kamu bisa menemukan apa saja makanan untuk penderita diabetes.

Pola makan yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah mereka.

Makanan yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Sayuran Non-Amilosa

Sayuran seperti brokoli, bayam, kubis, dan wortel rendah kalori dan kaya akan serat. Serat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan mengatur penyerapan glukosa.

BACA JUGA: Ternyata Beberapa Alasan Ini Bisa Menjadi Penyebab Pembekuan Darah!

Selain itu, sayuran non-amilosa juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, sarden, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini membantu mengontrol kadar gula darah.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Almond, kenari, biji chia, dan biji rami adalah sumber protein dan serat yang baik. Mereka membantu menjaga kadar gula darah stabil dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak seperti daging ayam tanpa kulit atau daging sapi tanpa lemak adalah sumber protein yang bagus. Protein membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Buah-buahan Rendah Glikemik

Buah seperti apel, stroberi, dan blueberry cenderung memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, yang berarti mereka tidak segera meningkatkan kadar gula darah. Namun, tetap perlu membatasi porsi karena buah mengandung gula alami.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Gula dan Pemanis

Gula adalah musuh utama penderita diabetes. Mereka sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula tambahan atau pemanis buatan. Sebaliknya, mereka bisa menggunakan pemanis alami seperti stevia atau madu dalam batas tertentu.

Makanan Cepat

Makanan cepat saji sering mengandung banyak lemak jenuh, gula, dan garam. Semua ini dapat merusak kontrol gula darah dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung banyak bahan tambahan dan garam. Ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan sebaiknya dihindari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan