SMAN 1 Jalaksana, Kuningan Bakal Bersaing di SAC Indonesia 2023

JABAR EKSPRES – SMAN 1 Jalaksana, Kuningan, Jawa Barat akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Didampingi oleh pelatih atletik Agus Samsudin, sekolah tersebut akan mendelegasikan Bunga Aeni Lestari. Yang akan bersaing di nomor tolak peluru putri. Menurut catatan, ini akan menjadi pertama kalinya Bunga debut di SAC Indonesia.

Sementara itu, Agus sendiri telah mengirimkan banyak delegasinya ke Energen Champion SAC Indonesia. Yang rata-rata berasal dari sekolah-sekolah di Kuningan, Jawa Barat. “Tahun ini, anak didik saya, tidak hanya yang berasal dari SMAN 1 Jalaksana saja. Ada beberapa sekolah lain yang ikut serta. Mulai dari tingkat SD atau SMP,” ungkap Agus.

BACA JUGA : Apresiasi dan Dukung SAC, Disdik Kota Bandung Harap Sekolah Berpartisipasi

Selain SMAN 1 Jalaksana, Agus juga mengirimkan beberapa anak didiknya dari SMPN 1 Cilimus, Kuningan. Ada sekitar lima siswa dari sekolah tersebut yang akan berlaga di Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers.

Agus Samsudin begitu bersemangat mengikutsertakan muridnya untuk Energen Champion SAC Indonesia 2023. Menurutnya, kompetisi atletik pelajar di Jawa Barat ini dapat menumbuhkan semangat berprestasi dari para pemula di olahraga atletik. Menurutnya, SAC Indonesia juga dapat melatih dan menguji mental serta hasil latihan pemula. Sebelum berkompetisi di tingkat lanjutan.

“Sebenarnya atlet terlatih itu kan banyak. Ada anak binaan saya yang telah mengikuti kejurnas, POPNAS, ASEAN School Games, begitu. Tapi karena SAC ini fokus ke pemula, jadi mereka tidak bisa ikut. Tidak apa-apa ini sifat kompetitifnya akhirnya mengarah bagi pelajar yang baru. Bisa jadi tahapan awal sebelum lomba di tingkat yang lebih profesional,” ungkap Agus.

BACA JUGA : Kuliah ke Jepang! Beasiswa INPEX 2024 Jenjang S2 Tunjangan Hingga Rp22 Juta

Nantinya, SMAN 1 Jalaksana dan SMPN 1 Cilimus akan bersaing dalam Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Yang siap diselenggarakan di Stadion Arcamanik, Bandung. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan diselenggarakan mulai 22-24 September mendatang.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan