Pj Wali Kota Cimahi Ingatkan Tugas ASN Melayani Bukan Dilayani

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan menegaskan, salah tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah melayani masyarakat bukan dilayani.

“Harap diingat, jajaran ASN termasuk camat dan lurah bukan orang yang dilayani tetapi harus melayani masyarakat dengan baik. Harus mampu merangkul, memberdayakan, dan berbaur dengan masyarakat,” kata Dikdik Nugrahawan.

Hal itu ia sampaikan dalam rakor kewilayah yang diikuti lurah dan camat se-Kota Cimahi. Dalam rakotr itu, yang dibahas terutama terkait gratifikasi dan anti korupsi, hal yang kerap terjadi di lingkungan kerja lembaga pemerintahan.

BACA JUGA: Cimahi Krisis Produksi Beras, Pemkot Putar Otak

“Pengalaman buruk terjadi beberapa tahun lalu dalam kasus korupsi di kota kita, mari jadikan hal itu pelajaran hidup yang sangat berharga. Jadi cermin agar tidak terjadi lagi di kemudian hari,” ujarnya.

Dikdik menilai, korupsi menjadi penghalang bagi upaya menyejahterakan rakyat dan membangun perekonomian. Karena sifatnya yang sangat merusak, korupsi dikategorikan sebagai kejahatan luar biasa atau extraordinary crime oleh berbagai negara, termasuk Indonesia.
Aparat kewilayahan sebagai ujung tombak pemerintahan kota kepada masyarakat, sangat berperan penting dalam menjaga keamanan, kenyamanan, dan stabilitas di wilayahnya masing-masing.

BACA JUGA: Penarikan Utang Pajak di Cimahi Lampaui Target

“Saya berharap semuanya mampu meningkatkan kompetensi, kualitas dan sinergitas aparatur wilayah dan menyamakan persepsi,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, perangkat kewilayahan hendaknya memperkuat komunikasi dan koordinasi, terutama yang berkaitan dengan kejadian dan permasalahan di wilayah. Sehingga laporan kejadian di wilayah menjadi lebih mudah dan akurat, karena langsung dilaporkan dan diketahui sehingga keluhan masyarakat dapat ditangani dan meningkatnya kepuasan masyarakat dengan berkurangnya aduan dan keluhan masyarakat tentang pelayanan.

“Lakukan penyebaran informasi program kerja unggulan Pemkot Cimahi, baik secara langsung maupun tidak langsung, efektif dan efisien diantaranya melalui media sosial. Untuk itu dibutuhkan kreatifitas dan penguasaan teknologi bagi semua aparatur pemerintahan baik itu di wilayah maupun di pusat pemerintahan,” ujarnya. (Mg6)

BACA JUGA: Lalaikan Aturan! Puluhan Kendaraan Terjaring Razia di Kota Cimahi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan