BPKB Elektronik Dilengkapi Sebuah Chip Siap Gantikan Buku Konvensional!

JABAR EKSPRES – Korlantas Polri mengumumkan kabar menarik bahwa mereka telah berhasil menguji desain inovatif Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang akan segera di perkenalkan BPKB Elektronik pada tahun depan.

Desain BPKB yang baru ini sangat berbeda dengan yang kita kenal saat ini yang berbentuk seperti buku konvensional. BPKB elektronik ini bahkan konon memiliki kemiripan dengan paspor!

Baca artikel lainnya: Tips Aman dan Nyaman Transaksi Digital yang Harus Diketahui oleh Generasi Z

Paspor Indonesia saat ini ada dalam dua varian, yakni paspor konvensional yang berbentuk buku dan paspor elektronik atau yang sering di sebut e-passport.

Meskipun bentuk keduanya mirip, paspor elektronik memiliki sebuah chip yang tersemat pada bagian cover atau halaman depannya. Salah satu fungsi utama chip ini adalah untuk memudahkan proses pemeriksaan imigrasi melalui layanan autogate.

Meskipun hingga saat ini, Korlantas belum memberikan gambaran resmi kepada publik mengenai desain BPKB elektronik ini, kabarnya BPKB elektronik akan tetap berbentuk buku, namun akan di lengkapi dengan sebuah chip yang akan menyimpan seluruh data kendaraan bermotor dan terhubung dengan arsip digital.

“Semoga tahun depan kita dapat mewujudkannya. Kami telah mengujinya beberapa waktu lalu di beberapa tempat, dan kami masih terus melakukan perbaikan, karena ini berkaitan dengan perkembangan teknologi digital yang terus berlangsung,” ujar Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, seperti yang di lansir oleh NTMC Polri pada Rabu (13/9).

Pernyataan tentang pelaksanaan BPKB elektronik ini di sampaikan oleh Yusri saat mengadakan rapat Anev Pelayanan BPKB bersama Polda dari seluruh Indonesia pada Selasa (12/9).

Rapat analisis dan evaluasi ini di hadiri oleh 102 peserta dari berbagai Polda di seluruh Indonesia, dan bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Di kabarkan bahwa chip yang akan di gunakan pada BPKB elektronik ini menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), yang memungkinkannya terkoneksi dengan berbagai perangkat digital lainnya.

Baca artikel lainnya: iPhone 15 Beralih ke USB-C, Apa Keunggulannya?

Informasi yang tersimpan dalam chip ini, seperti nama dan alamat pemilik serta identitas kendaraan seperti merek, model, nomor rangka, dan pelat nomor, dapat di akses dengan cepat, sehingga layanan menjadi lebih efisien.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan