Pemkot Bandung Sebut TPS Sementara Gedebage Siap Pakai

JABAR EKSPRES – Sejumlah usaha digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam mengatasi masalah sampah, imbas dari terbakarnya sebagian lahan tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti.

Salah satunya, membangun tempat penampungan sementara (TPS) darurat di Kelurahan Rancanumpang, Gedebage. Pemkot berencana menggunakan lahan seluas 0,7 hektare.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, pengerjaan dan kesiapan TPS sementara Gedebage itu sudah selesai dan siap dipakai.

“Walaupun jalannya pengerasannya itu belum beres tapi si tanahnya lagi dipadatkan, sehingga kalau selama musim kemarau itu bisa dipakai. Kalau sekarang mau masuk juga bisa,” kata Didi kepada wartawan di Babakan Ciparay, Rabu (13/9).

Selama masih dalam situasi darurat sampah, lanjut Didi, TPS sementara Gedebage itu sebetulnya sudah bisa dipakai saat ini juga. Sekalipun akses jalan yang digunakan belum sepenuhnya diratakan.

“Kalau mau dipakai sekarang itu sudah bisa. Cuman jalannya belum semua pakai berangkal, tapi sudah dipakai karena sudah dipadatkan,” lanjutnya.

Adapun arahan dari Pelaksana Harian (Plh), Ema Sumarna kepada Tim Satuan Tugas (Satgas) Darurat Sampah adalah menyiapkan TPS tersebut untuk lokasi penyimpanan sementara.

“TPS Gedebage untuk penyimpanan aja sementara, (sebelum) diangkut kembali. Jadi bukan penyelesaian kompos di situ,” pungkasnya.

Diketahui bahwa lahan milik Pemkot Bandung yang berada di wilayah Gedebage, berdekatan dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) itu memiliki luas 25 hektar.

Lahan tersebut awalnya diperuntukkan sebagai lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan