Ketahui Beberapa Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebih!

JABAR EKSPRES – Rambut rontok merupakan salah satu masalah umum yang bisa dialami oleh siapa saja, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Rambut rontok sendiri dapat terjadi karena beberapa faktor seperti faktor keturunan, kekurangan nutrisi, hingga stres.

Ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengatasi masalah tersebut, diantarnya:

Cara Mengatasi Rambut Rontok

  • Perhatikan Pola Makan

Pastikan kamu mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama protein, vitamin, dan mineral seperti besi, zinc, dan biotin. Kekurangan nutrisi dapat memicu rambut rontok.

BACA JUGA: Sering Mewarnai Rambut, Hingga Bahanya Pada Kesehatan

  • Jaga Kesehatan Kulit Kepala

Pastikan kulit kepala kamu sehat dan bersih. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu dan hindari penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia keras.

  • Hindari Pemanasan Berlebih

Gunakan alat peluruh panas seperti hair dryer, catokan, atau curling iron sesedikit mungkin. Pemanasan berlebihan dapat merusak akar rambut.

  • Hindari Stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah rambut rontok. Untuk mengatasinya kamu dapat melakukan relaksasi seperti yoga, meditasi, atau olahraga untuk mengurangi stres.

BACA JUGA: 9 Kandungan Nutrisi Yang Baik Bagi Kesehatan Kulit!

  • Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pilih produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut kamu. Gunakan kondisioner untuk menjaga kelembaban rambut dan hindari produk dengan bahan kimia yang keras.

  • Pentingnya Perawatan Yang Konsisten

Melakukan perawatan rambut yang efektif memerlukan konsistensi, ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah rambut rontok kamu.

  • Hindari Pewarnaan Rambut yang Terlalu Sering

Pewarnaan rambut yang sering dapat merusak rambut kamu. Cobalah untuk mengurangi penggunaan produk kimia pada rambut Kamu.

  • Konsultasikan dengan Ahli Kesehatan

Jika rambut rontok kamu parah atau berkelanjutan, sebaiknya Kamu berkonsultasi dengan dokter atau ahli dermatologi. Mereka dapat menentukan penyebab yang mungkin dan memberikan saran atau perawatan medis yang sesuai.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan