Daftar HP yang Memiliki Tingkat Radiasi Tinggi, Ada Punyamu Gak?

JABAR EKSPRES – Handphone (HP) telah menjadi barang yang hampir tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini.  Namun, tahukah Anda bahwa HP memancarkan radiasi dalam berbagai tingkatan?

Tingkat radiasi yang dipancarkan oleh setiap HP dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jenis dan model perangkat, usianya, kekuatan antena pemancar, dan jaraknya dari menara seluler terdekat.

Baru-baru ini ada informasi mengenai daftar HP yang memiliki tingkat radiasi tertinggi.

BACA JUGA: Daftar HP Sony Xperia Terbaru di Indonesia, Spek Gagah dan Harga Murah di Tahun 2023

Penilaian ini didasarkan pada Tingkat Absorpsi Spesifik (Specific Absorption Rate atau SAR), yang mengukur seberapa cepat tubuh manusia menyerap energi frekuensi radio.

Sedangkan, badan Komunikasi Federal Amerika Serikat telah menetapkan batas maksimum tingkat SAR sebesar 1,6 watt per kilogram.

Lalu, apa saja merek HP yang memiliki tingkat radiasi tertinggi?

Melansir dari berbagai sumber, beberapa model lama dari merek seperti Google, Sony, Motorola, OnePlus, OPPO, dan ZTE memiliki tingkat radiasi tertinggi.

Motorola Edge menduduki peringkat pertama sebagai smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi, diikuti oleh Axon 11 5G dari ZTE dan OnePlus 6T.

BACA JUGA: Cara Rawat Baterai HP Agar Awet dan Tidak Gampang Drop

Yang menarik, beberapa ponsel dari merek seperti Google Pixel, OnePlus, dan Sony Xperia mendominasi daftar tersebut.

Di antara ponsel-ponsel tersebut adalah Pixel 3, Pixel 3XL, Pixel 4a, Xperia XA2 Plus, Xperia XZ1 Compact, dan OnePlus 6/6T.

Namun, perlu diingat bahwa ponsel-ponsel ini termasuk dalam tipe-tipe yang dirilis dua hingga lima tahun yang lalu, sehingga kemungkinan penggunaannya saat ini sudah sedikit.

Sementara itu, Motorola Edge memiliki tingkat emisi radiasi tertinggi dengan nilai SAR sebesar 1,79 watt per kilogram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan