Miliki Aroma Yang Khas, Ketahui 7 Manfaat Dari Lada Hitam!

JABAR EKSPRES – Lada hitam merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki berbagai manfaat dan populer digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia.

Terdapat berbagai kandungan di dalam lada hitam diantaranya vitamin B, vitamin E, folat, zinc, dan antioksidan yang berbagai jenis seperti alkaloid, lutein, likopen, zeaxanthin, terpenoid, polifenol, dan flavonoid.

Lada hitam sendiri memberikan rasa pedas dan aromatik yang khas pada hidangan.

Berikut ini beberapa keuntungan dari mengonsumsi lada hitam bagi kesehatan:

Manfaat Lada Hitam

  • Sumber antioksidan

Lada hitam mengandung senyawa antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Lain Daun Jambu Biji, Selain Untuk Pencernaan!

  • Merangsang pencernaan

Konsumsi lada hitam dapat merangsang produksi asam lambung, yang dapat membantu dalam pencernaan makanan. Ini dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti rasa kembung, gas, dan mual.

  • Potensi antiinflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lada hitam dapat memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang menderita kondisi peradangan kronis, seperti arthritis.

  •  Meningkatkan kesehatan jantung

Lada hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Ini dikaitkan dengan kemampuannya untuk mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah.

BACA JUGA: Menjadi Sumber Nutrisi, Ketahui Manfaat Lain Kuning Telur!

  • Potensi penurunan berat badan

Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa lada hitam mwemiliki manfaat yang dapat membantu dalam penurunan berat badan. Ini mungkin karena lada hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengurangi nafsu makan.

  • Antioksidan untuk kulit

Senyawa antioksidan dalam lada hitam dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan penuaan dini. Produk perawatan kulit sering mengandung ekstrak lada hitam.

  • Sifat antibakteri

Lada hitam mengandung senyawa-senyawa yang memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dalam tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan