Jelang Piala Eropa 2024, Jerman Pecat Pelatih Hansi Flick, Ini Alasannya!

JABAR EKSPRES – Jerman memecat pelatih Hansi Flick hanya sembilan bulan sebelum menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024 setelah kekalahan memalukan 4-1 dari Jepang pada hari Sabtu, Asosiasi Sepak Bola Jerman mengumumkan pada hari Minggu.

Flick menjadi pelatih pertama dan satu-satunya pelatih tim nasional Jerman yang dipecat sejak posisi itu didirikan pada 1926.

Direktur olahraga Rudi Voeller akan mengambil alih posisi tersebut untuk sementara waktu. Voeller sebelumnya pernah melatih timnas Jerman pada 2002.

BACA JUGA : Jelang Piala Dunia, Erick Thohir Ungkap Timnas U-17 Akan Jalani TC di Jerman 

Presiden DFB Bernd Neuendorf mengatakan bahwa pemecatan itu tidak bisa dihindari setelah serangkaian hasil yang mengecewakan bagi tim Jerman.

“Menjelang Piala Eropa di negara kami, kami membutuhkan semangat optimisme dan kepercayaan diri,” kata Neuendorf dalam sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

Voeller tidak akan melatih Jerman hingga Piala Eropa 2024.

Julian Nagelsmann, yang sebelumnya menggantikan Flick sebagai pelatih Bayern Munchen, disebut-sebut mampu mengambil peran tersebut menjelang Piala Eropa.

Mantan pelatih Eintracht Frankfurt, Oliver Glasner, yang sedang menganggur seperti Nagelsmann, juga memiliki kesempatan untuk menggantikan Flick.

Jerman dikalahkan oleh Jepang dalam pertandingan persahabatan yang diadakan di Wolfsburg. Jerman masih beruntung ketika penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen melakukan banyak penyelamatan penting untuk membantu tim tuan rumah terhindar dari penghinaan lebih lanjut.

Jerman kini telah kalah dalam empat dari enam pertandingan mereka sejak tersingkir lebih awal dari Piala Dunia di bulan Desember.

BACA JUGA : Prediksi Skor dan Perebutan Tiket Babak Utama Piala Asia U-23: Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23

Hingga saat ini, Jerman belum pernah melakukan perubahan mendasar di posisi kepelatihan tim nasional. Sebelum Flick, tidak ada pelatih tim Jerman yang pernah dipecat.

Flick ditunjuk sebagai pelatih tim nasional pada Mei 2021 setelah masa jabatan Joachim Loew selama 15 tahun berakhir. Flick merupakan pelatih kepala ke-10 timnas Jerman sejak Perang Dunia II.

Sebelumnya, Flick membawa Bayern Munchen meraih 7 gelar juara selama memimpin tim raksasa ini selama 18 bulan. Dalam delapan pertandingan pertamanya bersama tim nasional, tim asuhan Flick selalu meraih kemenangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan