Dishub Cimahi Balikan Jalur Lalin di Jalan Lurah

JABAR EKSPRES – Jalur lalu lintas di Jalan Lurah (Gang Lurah) akan diarahkan sebaliknya oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi. Saat ini, arus lalu lintas di Gang Lurah satu arah dari Jalan Gatot Subroto hingga Jalan Gandawijaya. Namun setelah dilakukan rekayasa lalu lintas, arus kendaraan jadi sebaliknya, satu arah dari Gandawijaya menuju Gatot Subroto.

“Rekayasa lalu lintas ini untuk mengurai kemacetan ruas simpang Gandawijaya terutama pada jam puncak. Jadi kendaraan yang dari arah Gatot Subroto tidak bisa belok kanan menuju jalan Lurah, tapi sebaliknya arus lalunlintas nanti dari jalan Gandawijaya belok kanan ke Jalan Lurah. Jadi direkayasa ini kebalikannya dari arus lalu lintas saat ini,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi Mohamad Nur Efendi, Selasa (12/9).

BACA JUGA: 2 Bangunan Bersejarah Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya Kota Cimahi

Menurut dia, uji coba rekayasa lalu lintas di jalan Lurah akan dilaksanakan pada 13 hingga 16 September 2023. Saat pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Jalan Lurah nantinya akan ada petugas dari pihak kepolisian dan Dishub Kota Cimahi yang akan memantau, menertibkan, dan menyosialisasikan kepada masyarakat di lapangan.

Sebelumnya, Dishub Kota Cimahi telah melaksanakan kegiatan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten/Kota pada Rabu (23/8). Kegiatan forum ini membahas terkait sosialisasi uji coba rekayasa lalu lintas kawasan Jalan Lurah.

“Bagi pengendara dari arah Jalan Amir Machmud yang belok ke Jalan Gatot Subroto tidak bisa belok kanan ke Jalan Lurah dikarenakan jalan satu arah, sebagai alternatif pengendara dapat melewati Jalan Gedung Empat lalu ke Jalan Gandawijaya. Dari Jalan Gandawijaya bisa belok kanan masuk ke Jalan Lurah menuju Jalan Gatot Subroto atau Jalan Sasmita. Sedangkan untuk kendaraan dari Jalan Gandawijaya tidak diperbolehkan belok kiri ke Jalan Asem Barat, sebagai alternatif pengendara dapat belok kiri di Jalan Kebon Kalapa,” katanya.

BACA JUGA: Satpol PP Bongkar Spanduk dan Baliho Parpol Tak Berizin!

Menurut Nur Efendi, usai uji coba ini akan dilakukan kembali evaluasi. “Nanti kita evaluasi lagi hasilnya seperti apa, namun yang pasti kenijakan ini diambil untuk mengurai kemacetan di persimpangan Gandawijaya,” tegas dia. (MG6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan