Apresiasi dan Dukung SAC, Disdik Kota Bandung Harap Sekolah Berpartisipasi

JABAR EKSPRES – Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers siap diselenggarakan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 22-24 September 2023. Yang bertempat di Stadion Arcamanik, Bandung.

Baca Juga: Menanti Juara Lompat Jauh Putri dari West Java Qualifiers

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Drs. H. Hikmat Ginanjar, M.Si mengungkapkan dukungannya pada penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Hikmat mengatakan bahwa SAC Indonesia dapat menjadi cara strategis dalam mempersiapkan generasi unggul. Khususnya untuk lingkungan pelajar di Kota Bandung.

“Acara ini tentunya seiring dan sejalan dengan program Merdeka Belajar, bahwa setiap anak itu memiliki potensi, bahwa setiap manusia itu memiliki talenta,” kata Hikmat, saat ditemui usai menghadiri Perayaan Hari Jadi Kota Bandung Ke-213, pada Senin, 11 September 2023.

Tak hanya itu, Hikmat juga mengapresiasi konsep kompetisi bertingkat yang dimiliki oleh Energen Champion SAC Indonesia. Yakni dari tingkat regional qualifiers menuju ke babak National Championship. Nantinya, di babak National Championship, para wakil regional qualifiers akan dilombakan kembali untuk mencari juara tingkat nasional.

“Saya harap setiap anak memiliki prestasi. Dan setelah prestasi dari tingkat kota (anak-anak) bisa meningkatkan prestasinya lagi di tingkat nasional. Inilah kira-kira harapan kita semua,” lanjut Hikmat.

Hikmat menghimbau pada semua entitas pendidikan untuk mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers. Terlebih, kompetisi atletik ini diperuntukkan bagi pelajar non profesional. Sehingga pemula dalam cabang olahraga atletik pun dapat ikut serta di SAC Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia, yang dipersembahkan oleh Energen Champion. Pada penyelenggaraan musim lalu, Energen Champion SAC Indonesia berhasil menggaet 31 ribu pelajar lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Dalam penyelenggaraan musim perdana, Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers diikuti oleh lebih dari empat ribu pelajar. Sebanyak 32 di antara jumlah tersebut melaju ke babak National Championship. Di babak puncak, dua wakil West Java berhasil menjuarai Energen Champion SAC National Championship. Mereka adalah Bayanillah dari SMAN 7 Cirebon di nomor tlak peluru, dan Yogi Saputra dari SMAN 1 Surade di nomor 100 meter putra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan