Selain Menambah Rasa, Ketahui Manfaat Lain Dari Lada Putih!

JABAR EKSPRES – Lada putih atau yang memiliki nama latin piper nigrum merupakan hasil dari biji lada yang memiliki berbagai manfaat.

Lada putih selain dapat dijadikan sebagai bumbu pada masakan, salah satu jenis rempah ini memiliki kegunaan yang baik bagi kesehatan.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat dari rempah yang miliki ciri khas pada rasanya yang pedas ini, diantaranya:

Manfaat Lada Putih

  • Menyokong Pencernaan

Lada putih dapat merangsang produksi asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Ini dapat membantu mengurangi gejala seperti perut kembung, gas, dan konstipasi.

  • Menambah Rasa pada Makanan

Lada putih sering digunakan sebagai bumbu untuk meningkatkan rasa makanan. Ini dapat memberikan sentuhan pedas dan beraroma khas pada hidangan.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Hingga Dampak Buruk Asap Bagi Kesehatan!

  • Antioksidan

Lada putih mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan merusak sel-sel tubuh. Ini dapat mendukung kesehatan seluler dan mencegah penyakit degeneratif.

  • Potensi Sifat Antibakteri

Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa senyawa dalam lada putih dapat memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu melawan infeksi bakteri.

  • Anti-inflamasi

Kandungan senyawa seperti piperin dalam lada putih dapat memiliki sifat anti-inflamasi, yang bermanfaat dalam mengurangi peradangan dalam tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa piperin dalam lada putih dapat membantu meningkatkan metabolisme dan penyerapan nutrisi, yang mungkin membantu dalam upaya menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Selain Menyedapkan Masakan, Ketahui Manfaat Lain Dari Kencur!

  • Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi lada putih dapat membantu mengendalikan tekanan darah, meskipun efek ini mungkin bervariasi dari individu ke individu.

  • Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Lada putih dapat meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu dalam makanan, seperti kurkumin dalam kunyit, sehingga membantu memaksimalkan manfaat kesehatan dari berbagai bahan makanan.

  • Manfaat Kuliner

Lada putih sering digunakan dalam berbagai hidangan, seperti saus, sup, daging panggang, dan hidangan Asia. Ini menambahkan rasa dan aroma unik pada makanan.

  • Perawatan Kesehatan Kulit

Lada putih kadang-kadang digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, yang dapat membantu merawat kulit yang meradang atau bermasalah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan