Korea Utara Luncurkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Taktis, Siap Lawan Amerika Serikat dan Sekutu?

JABAR EKSPRES – Dalam perkembangan signifikan yang dilaporkan hari ini, Korea Utara telah meluncurkan “kapal selam serang nuklir taktis” operasional perdananya pada Rabu, 8 September 2023.

Dijuluki “Pahlawan Kim Kun Ok,” kapal selam ini telah direkayasa dengan cermat untuk penyebaran persenjataan nuklir taktis secara diam-diam dari bawah permukaan laut.

Rincian yang tepat mengenai kapasitas pengangkutan rudal kapal selam ini masih dirahasiakan.

Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara, menggarisbawahi peran penting kapal selam ini dalam visi strategisnya untuk mengembangkan kekuatan angkatan laut bersenjata nuklir yang tangguh, yang secara eksplisit bertujuan untuk melawan Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Asia.

BACA JUGA: Amerika Serikat Ketar-Ketir dengan Aliansi Rusia-Korea Utara, Konflik Internasional Makin Memanas!

“Kapal selam ini, meskipun telah dimodifikasi secara besar-besaran, didasarkan pada teknologi asal Soviet tahun 1950-an dan akan memiliki keterbatasan yang melekat. Namun demikian, dalam hal memperumit tantangan penargetan yang akan dihadapi AS dan sekutunya, kapal selam ini akan memenuhi tujuan Korea Utara,” kata Ankit Panda, seorang ahli dari Carnegie Endowment for International Peace, dikutip dari 10 Philadephia.

Selain itu, Kim menguraikan ambisi negara untuk mengejar kapal selam bertenaga nuklir dan merombak kapal bawah laut dan kapal permukaan yang ada agar kompatibel dengan nuklir.

Kim bersikeras bahwa kapal selam yang diungkap minggu ini akan sama “menakutkannya” bagi musuh-musuhnya seperti kapal selam bertenaga nuklir yang akan dimiliki Korea Utara di masa depan.

“Kapal selam serang nuklir, yang selama beberapa dekade menjadi simbol agresi terhadap republik kami, kini telah menjadi simbol kekuatan revolusioner kami untuk memberikan rasa takut ke dalam hati musuh-musuh tercela kami,” demikian KCNA mengutip pernyataan Kim.

BACA JUGA: Korea Utara Menggelar Latihan Serangan Nuklir Taktis, Peringatkan Musuh Akan Bahaya Perang Nuklir

Dalam perkembangan terbaru, Amerika Serikat telah menyatakan kekhawatirannya yang mendalam atas kesepakatan bantuan militer yang berpotensi terjadi antara Korea Utara dan Rusia.

Kesepakatan seperti itu, jika terwujud, akan secara signifikan memperburuk konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan memperkuat ambisi nuklir Pyongyang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan