3 Kampus di Bandung Luluskan Mahasiswa Tanpa Skripsi, Ada Uninus dengan Jumlah 350 Mahasiswa 

BANDUNGMahasiswa semester akhir tak lagi wajib mengerjakan skripsi sebagai tugas akhir. Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Dengan aturan tersebut, setiap kampus wajib memberikan pilihan bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Dengan itu, bagi mahasiswa semester akhir boleh mengerjakan tugas akhir selain skripsi seperti jurnal ilmiah, prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya.

Lantas, kampus apa saja yang sudah meluluskan mahasiswa tanpa skripsi? Di Kota Bandung, terdapat tiga kampus yang sudah meluluskan mahasiswa tanpa mengerjakan skripsi.

Mahasiswa di tiga kampus tersebut memberikan kebebasan pilihan bagi mahasiswanya dalam mengerjakan tugas akhir kuliah. Bisa skripsi, jurnal ilmiah, prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya. Berikut tiga kampus di Bandung yang sudah meluluskan mahasiswa tanpa skripsi:

 

  • Universitas Islam Nusantara (Uninus)

Universitas Islam Nusantara (Uninus) sudah cukup lama membebaskan pilihan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Kampus yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta No. 530, Kota Bandung itu sudah menerapkan regulasi baru tersebut sejak September 2022 lalu.

Kebijakan di kampus Uninus ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor Uninus Nomor: 25/UNINUS.R/2022 tentang Kategori Penulisan Tugas Akhir bagi Mahasiswa Sarjana (S1) dan di Lingkungan Universitas Islam Nusantara.

Rektor Uninus, Prof Dr Obsatar Sinaga menyebutkan, pihaknya telah meluluskan sekira 350 mahasiswa di luar skripsi dalam menyelesaikan tugas akhir.

“Jadi sejak tahun 2022, mahasiswa kami sudah lebih dari 350 orang yang lulus tanpa mengerjakan skripsi. Mareka mengerjakan tugas akhirnya ada yang dari jurnal ilmiah, prototipe, proyek seperti pembuatan video documenter dan lain-lain,” ujar Prof Obi-sapaan akrabnya- Obsatar Sinaga, saat ditemui Jabar Ekspres di ruang kerjanya, Kampus Uninus, Kamis 7 September 2023.

Menurut Prof Obi, regulasi tugas akhir tanpa skripsi itu bisa mempercepat kelulusan mahasiswa semester akhir. “Dengan aturan ini, mahasiswa bisa lulus dengan tepat waktu yakni hanya 3,5 tahun. Kalau sebelumnya, mata kuliah baru selesai semester 7, sementara ngerjakan skripsi bisa dua semester, ya berarti lulus 4,5 tahun, kelamaan,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan