Ketahui Manfaat Lain Daun Jambu Biji, Selain Untuk Pencernaan!

JABAR EKSPRES – Daun jambu biji sudah banyak diketahui merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat bagi kesehatan terutama pada masalah pencernaan.

Kandungan yang ada pada daun jambu biji diantaranya adalah vitamin C, antioksidan, potasium, dan juga serat.

Berikut ini beberapa manfaat baik bagi kesehatan dari daun buah yang memiliki banyak biji, diantaranya:

Manfaat Daun Jambu Biji

  • Kesehatan Gigi dan Mulut

Daun jambu biji mengandung senyawa alami seperti tanin, flavonoid, dan senyawa lain yang dapat membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri di mulut. Berkumur dengan air rebusan daun jambu biji dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan masalah gigi.

BACA JUGA: Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Ketahui Apa Saja Bahayanya!

  • Pengendalian Berat Badan

Daun jambu biji rendah kalori dan kaya serat. Konsumsi serat yang cukup dapat membantu Kamu merasa kenyang lebih lama dan mencegah overeating, yang pada gilirannya dapat membantu dalam pengendalian berat badan.

  • Pencernaan

Konsumsi daun jambu biji memiliki manfaat yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti diare. Kandungan serat dalam daun ini dapat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah diare ringan.

  • Pengendalian Tekanan Darah

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Penurunan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji memiliki potensi untuk membantu mengatur kadar gula darah. Senyawa dalam daun jambu biji dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi penyerapan gula oleh usus.

BACA JUGA: Ide Makanan Sehat, Ketahui Manfaat Dari Rice paper!

  • Antioksidan

Daun jambu biji mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid.

Sedangkan antioksidan sendiri diketahui memiliki manfaat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membantu dalam pencegahan penyakit kronis dan penuaan dini.

  • Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam daun jambu biji dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu, menjaga Kamu tetap sehat dan melawan infeksi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan