BRI Dukung Isu Strategi AIPF untuk Penguatan Ekonomi ASEAN

JABAREKSPRES –  Dalam Forum pertemuan ASEAN Indo-Pasifik Forun (AIPF) Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, BUMN khususnya BRI sangat mendukung pertumbuhan perekonomian di kawasan ASEAN.

Keberadaan Perusahaan BUMN seperti BRI telah memberikan peran terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang memiliki fokus melalui peningkatan pemberdayaan UMKM.

‘’BRI diberikan tugas memiliki fokus untuk UMKM terbesar di Indonesia,’’ kata Erick.

BRI turut dukung isu strategis AIPF, salah satunya melalui fokus meningkatkan penyaluran pembiayaan berkelanjutan serta pemberdayaan UMKM.

Menurut Erick Thohir, ada tiga isu utama yang diangkat dalam forum AIPF ini di antaranya pembangunan infrastruktur hijau dan rantai pasok, transformasi digital dan kreatif ekonomi serta pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif.

Dia mengatakan, kawasan ASEAN merupakan saat ii mengalami pertembuhan paling cepat di dunia dengan pasar paling produktif dan tingkat populasi yang tinggi.

Bank BRI sebagai bank UMKM terbesar di Indonesia, turut mendukung isu strategis AIPF ini.

Salah satu fokus BRI adalah meningkatkan penyaluran pembiayaan berkelanjutan serta pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pada gelaran pertemuan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, Presiden Joko Widodo berkesempatan hadir dan turut membuka kegiatan.

Jokowi mengatakan, kondisi ekonomi ASEAN sudah sangat tangguh, meski secara global ekonomi mengelami penurunan.

‘’Ekonomi ASEAN terus mengelami pertumbuhan melebihi pertumbuhan ekonomi global dan kawasan lainnya,’’ ujar Jokowi.

‘’Untuk itu, pertumbuhan dan stabilitas ini harus terus dijaga bersama negara-negara ASEAN,’’ tambahnya lagi.

Dia mengatakan, ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) merupakan forum yang akan membicarakan berbagai isu perkembangan perekonomian di kawasan ASEAN.

Forum ini juga membuka ruang bagi Indonesia dan negara-negara kawasan Asia Pasifik untuk menjalin kerja sama dengan terkoneksi dan terintegrasi sehingga memberikan penguatan.

“Melalui forum ini, Indonesia berupaya untuk mendorong pembangunan kawasan keberlanjutan,’’ ujar Jokowi.

Sementara itu Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, melalui transformasi digital dengan menciptakan produk layanan yang inovatif.

BRI akan terus berkomitmen menjajaki peluang-peluang baru dengan memberdayakan masyarakat kecil melalui pembiyaan ultra mikro.

Bersama Perusahaan BUMN lainnya, seperti PT Pegadaian dan PNM, BRI membentuk Holding Ultra Mikro untuk ekspansi pembiayaan lebih luas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan