11 Tips Menjaga Kesehatan Mata, Ketahui Hal Penting Ini!

JABAR EKSPRES – Merawat mata dengan cara yang baik sangat penting dalam menjaga kesehatan penglihatan kamu, ketahui tipsnya.

Merawat mata dengan baik akan membantu kamu menjaga penglihatan secara optimal dan mencegah masalah mata yang lebih serius.

Berikut diketahui beberapa tips untuk merawat kesehatan mata, diantaranya:

Tips Menjaga Kesehatan Mata

  • Istirahat yang Cukup

Mata kamu juga memerlukan istirahat yang cukup. Jika kamu bekerja di depan layar komputer atau perangkat digital lainnya untuk waktu yang lama, praktikkan aturan “20-20-20”: setiap 20 menit, fokuskan pandangan Kamu pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (6 meter) selama setidaknya 20 detik.

BACA JUGA: Waspadai Beberapa Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah!

  • Gunakan Kacamata Pelindung Mata

Saat kamu berada di bawah sinar matahari yang terik atau berada di sekitar lingkungan yang berdebu atau berbahaya, gunakan kacamata hitam atau kacamata pelindung mata lainnya untuk melindungi mata dari radiasi UV dan potensi cedera.

  • Hindari Mengucek Mata

Mengucek mata dengan tangan kotor dapat menyebabkan infeksi. Jika mata terasa gatal, cobalah meredakan dengan cara lain, misalnya dengan tetes mata buatan.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral seperti zinc, dapat menjadi tips baik dalam menjaga kesehatan mata. Makanlah wortel, bayam, brokoli, jeruk, ikan salmon, dan kacang-kacangan.

  • Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pastikan ruang kerja atau tempat kamu membaca memiliki pencahayaan yang cukup agar mata tidak terlalu tegang.

  • Hindari Kegiatan yang Membuat Mata Lelah

Jangan memaksakan mata untuk terus bekerja dalam kondisi yang tidak nyaman. Jika kamu merasa mata lelah, beri waktu istirahat.

  • Jauhi Asap Rokok

Asap rokok diketahui dapat menjadi penyebab dalam merusak kesehatan mata dan meningkatkan risiko penyakit mata yang serius, untuk itu menjaga kesehatan mata dengan menjauhi asap rokok dapat menjadi salah satu tipsnya.

BACA JUGA: Kebiasaan Merusak Mata yang Mungkin Dilakukan Sehari-Hari!

  • Jaga Kelembaban Mata

Menggunakan tetes mata buatan bisa membantu menjaga kelembaban mata kamu, terutama jika kamu sering berada di lingkungan yang kering.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan