Proses Pencairan KIP Kuliah 2023, Tahapan dan Waktu yang Dibutuhkan

JABAR EKSPRES – Tahap demi tahap, dana uang saku dan biaya hidup KIP Kuliah 2023 akan sampai ke mahasiswa semester 3.

Tidak hanya uang saku, tetapi juga biaya pendidikan akan turut di terima oleh para penerima KIP Kuliah.

Antusiasme mahasiswa tak terbendung saat kabar baru mengenai pencairan KIP Kuliah 2023 di semester ganjil, terutama bagi mereka yang menginjak semester 3.

Pertanyaan tentang kapan dana KIP Kuliah 2023 ini benar-benar bisa di gunakan telah menjadi perbincangan hangat di kalangan mahasiswa.

baca artikel lainnya: Kabar Terbaru Pengumuman Kelulusan KIP 2023

Namun, penantian tak perlu berlarut-larut karena jadwal pencairan KIP Kuliah 2023 untuk semester ganjil segera tiba.

Proses pencairan ini tidak langsung di teruskan ke rekening penerima, melainkan melalui beberapa tahapan yang telah di siapkan dengan cermat

Jika Anda sedang menanti pencairan KIP ini melalui bank penyalur,

berikut ini adalah rangkaian tahapan yang perlu Anda ketahui:

  1. Perguruan tinggi akan mengirimkan surat kepada pimpinan PT yang berisi daftar calon penerima KIP 2023 beserta data pendukung seperti laporan IPK dan rekening penerima.
  2. Puslapdik Kemendikbud akan melakukan proses verifikasi data SPP dan SPM yang akan berlangsung selama 1-2 minggu, apabila data yang diberikan telah lengkap.
  3. Setelah tahap verifikasi, KPPN akan merilis SP2D dalam waktu 1 hari kerja dan mengalihkan dana ke rekening penampungan Puslapdik Kemendikbud.
  4. Puslapdik Kemendikbud kemudian akan memberi instruksi kepada bank penyalur untuk mentransfer dana ke rekening penerima. Proses ini memerlukan waktu 1-2 hari kerja.
  5. Pencairan biaya hidup KIP Kuliah 2023 untuk semester ganjil atau genap memakan waktu maksimal 30 hari kalender. Jika terjadi keterlambatan, dana akan dikembalikan ke kas negara melalui rekening penampungan.
  6. Dengan demikian, mahasiswa yang menerima KIP Kuliah 2023 untuk semester ganjil pada semester 3 dan semester 5 akan menerima dana tersebut antara bulan September 2023 hingga Februari 2024.

baca artikel lainnya: Strategi Ampuh Lulus Dalam Wawancara KIP Kuliah, Berikut Pertanyaan Dan Cara Menjawabnya!!

Dengan memperhitungkan semua tahapan di atas, proses pencairan KIP ini melalui bank penyalur diestimasi membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan