Operasi Zebra Lodaya 2023 di Bogor Siapkan 1.300 Personel Aparat Gabungan

JABAR EKSPRES – Sebanyak 1.300 personel dari aparat gabungan telah di siapkan untuk melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2023 di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Mereka melakukan gelar pasukan untuk memastikan kesiapan dalam menjalankan operasi tersebut.

Lihat juga : Niat Jadi Sukarelawan Uji Emisi, Pemilik Motor Honda Bebek Malah Kena Tilang

“Seiring dengan arahan dari pimpinan, pagi ini kami melaksanakan apel kesiapsiagaan atau gelar pasukan Operasi Zebra Lodaya 2023 secara serentak di wilayah hukum Polda Jabar. Ini di lakukan di Polda Jabar dan masing-masing Polres,” kata Letkol Gan Gan Rusgandara, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, di Polres Bogor pada Senin (4/9/2023).

Operasi ini melibatkan berbagai unsur, termasuk TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP. Di wilayah Polda Jabar, telah di siapkan sebanyak 2.004 personel.

“Ini adalah usaha sinergis yang melibatkan semua pihak, termasuk Kodim, Polres, Dishub, dan Satpol PP di wilayah masing-masing. Totalnya, ada 2.004 personel yang terlibat dalam Polda Jabar, belum termasuk personel dari Polres, Kodim, Dishub, dan Satpol PP di wilayah masing-masing,” ungkapnya.

Operasi Zebra bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas.

Di Kabupaten Bogor, sekitar 1.300 personel gabungan telah di siapkan untuk menjalankan operasi ini.

“Ada sekitar 180 anggota Lantas yang terlibat, dan 1.300 adalah jumlah keseluruhan. Mereka akan beroperasi di tiga titik utama, dengan melibatkan seluruh Polsek dan Koramil di 38 kecamatan dalam wilayah hukum Polres Bogor,” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata. Meminta agar penindakan terhadap pelanggaran berlalu lintas di lakukan dengan pendekatan humanis.

Salah satu cara yang di terapkan adalah menggunakan tilang elektronik (e-TLE).

“Kami memberikan imbauan kepada seluruh anggota Polri untuk menjalankan tugas penindakan secara humanis selama operasi ini. Penindakan akan di lakukan secara mobile dengan menggunakan e-TLE yang akan di pegang oleh seluruh anggota,” ujarnya.

Lihat juga : Polisi Bogor Periksa Tempat yang Diduga jadi Penyimpanan Motor Curian, Pemilik Dikejar

Ia juga mengajak masyarakat untuk patuh terhadap peraturan berlalu lintas. Dia berharap bahwa operasi ini dapat membantu mengurangi pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan di wilayah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan