Bansos PKH Bulan September 2023 Resmi Cair, Buruan Cek!

JABAR EKSPRES – PT Pos Indonesia di bulan September 2023 ini kembali mencairkan bantuan sosial (bansos) PKH tahap 3 serta bansos Sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Penyaluran bansos PKH didahului di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan). Sementara proses penyalurannya sudah dimulai sejak tanggal 1 September 2023.

Salah satu wilayah yang sudah menerima bansos PKH 2023 tahap 3 yaitu Kecamatan Mbeliling, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menyalurkan bantuan sosial ke daerah 3T tentu tak mudah seperti penyaluran di perkotaan, sebab sulitnya sinyal internet. Selain itu kendala lainnya seperti akses yang sulit dijangkau dan penerima yang tak mau untuk difoto karena malu.

Baca Juga: Markas KKB Papua Digeruduk TNI, 3 Anggota Egianus Kogoya Tewas

Para warga Mbeliling yang telah menerima bantuan sosial mengapresiasi serta berterima kasih atas kepedulian pemerintah terhadap warganya.

Kedepannya para warga pun tetap berharap untuk memperoleh bantuan dari pemerintah pusat, khususnya kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

Penyaluran bansos PKH kali ini yang dilakukan oleh Pos Indonesia dinilai efektif serta tepat sasaran. Penyaluran bantuan sosial yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia melalui tiga cara, ialah dibagikan secara langsugn melalui Kantor Pos, komunitas, serta disalurkan secara langsung ke rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Baca Juga: Program Bansos Bermanfaat Tekan Kemiskinan Ekstrem, Target 0 Persen Pada 2024

Masyarakat yang telah menerima bansos mengungkapkan bahwa adanya bantuan tersebut sangatlah bermanfaat. Selain itu pemerintah pun diimbau untuk melakukan pendataan ulang KPM, sebab ada yang kondisi ekonominya telah membaik sehingga tak layak lagi untuk mendapatkan bantuan sosial.

Salah satu warga yang telah mendapatkan bansos PKH mengungkapkan semenjak namanya telah terdaftar sebagai penerima bansos dari Kemensos kehidupannya sedikit lebih membaik dibandingkan sebelumnya. Terlebih dana bansos tersebut tak ada potongan sama sekali dan pencairannya mudah.

Adanya bansos PKH tentu dapat meringankan perekonomian masyarakat kelas bawah. Untuk melakukan pengecekan sebagai penerima kunjungi situs DTKS Kemensos atau cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Cek Namamu Apakah Menerima Bansos PKH Atau Tidak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan