Waspada ISPA di Kota Depok, Polwan Bagi-bagi Masker kepada Pengendara!

JABAR EKSPRES – Isu polusi udara di Kota Depok sudah dibilang sangat mengkhawatirkan, untuk semakin memperparah saluran pernapasan warga, Sejumlah polisi wanita (polwan) Satlantas Polres Metro Depok membagikan masker pada pengendara.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tingginya kasus inspeksi saluran pernapasan (ISPA), khusunya di Kota Depok.

Selain membagikan masker secara gratis, para polisi wanita atau polwan ini juga membagikan tanda cinta berupa bunga mawar, cokelat, hingga makanan siap santap di kawasan Margonda, Depok.

Kasubnit Kamsel Satlantas Polres Metro Depok, Iptu Sally mengatakan, aksi kemanusian itu sekaligus bagian dari peringatan hari jadi polwan yang jatuh pada 1 September.

Baca juga: Resmikan Gedung Pusat Pencak Silat Jabar, Ridwan Kamil: Wajah Kebudayaan Indonesia

“Ya benar, kegiatan ini adalah rangkaian dari HUT Polwan yang telah dilaksanakan tadi pagi. Jadi sore ini kita melaksanakan kegiatan berupa membagi sedikit untuk masyarakat berupa masker untuk mencegah polusi udara,” kata Iptu Sally, Sabtu 2 September 2023.

Pengendara motor pun merasa senang dengan aksi simpati yang dilakukan polwan tersebut.

“Aduh bu saya jadi terharu, jadi pengen nangis,” kata seorang pengendara motor ketika dipakaikan masker dan menerima bunga mawar.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Multazam Lisendra mengatakan, polwan sampai saat ini memiliki peran penting dalam institusi Polri. Menurutnya, ada banyak hal yang hanya bisa dilakukan oleh polwan dalam menjalankan tugas sebagai insan Tribrata.

“Contoh pemeriksaan dan penggeledahan terhadap sesama wanita,” katanya.

Dalam hal pengamanan saat unjuk rasa, polwan akan lebih disegani oleh massa. Sehingga pendemo pun bisa mencegah melakukan tindakan yang mengarah anarkis.

“Polwan juga memiliki sifat yang tidak dimiliki laki-laki, misal keibuannya. Polwan menghadapi pelaku kejahatan lebih bisa mengali, dan itu belum tentu bisa dilakukan oleh polisi laki-laki,” ujarnya.

Lebih lanjut, keberadaan polwan dalam pelaksanaan pemilu nanti juga dirasa memiliki peranan penting.

“Apa lagi menjelang pemilu, polwan juga memiliki peran yang sama dengan laki-laki. Pengamanan pemilu yang cooling sistem itu bagian dari upaya menciptakan pemilu damai,” pungkasnya. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan