Uang Kuliah 2023 Siap Melesat! KIP Kuliah 2023 Siap Cair di Semester 3

JABAR EKSPRESS – Antusiasme mahasiswa tak terbendung saat kabar baru mengenai pencairan KIP Kuliah 2023 di semester ganjil, terutama bagi mereka yang menginjak semester 3.

Pertanyaan tentang kapan dana KIP Kuliah 2023 ini benar-benar bisa di gunakan telah menjadi perbincangan hangat di kalangan mahasiswa.

Namun, penantian tak perlu berlarut-larut karena jadwal pencairan KIP Kuliah 2023 untuk semester ganjil segera tiba.

Proses pencairan ini tidak langsung di teruskan ke rekening penerima, melainkan melalui beberapa tahapan yang telah di siapkan dengan cermat.

baca artikel lainnya: KIP Kuliah Merdeka 2023, Yuk Daftar Sekarang!!

Tahap demi tahap, dana uang saku dan biaya hidup KIP Kuliah 2023 akan sampai ke mahasiswa semester 3.

Tidak hanya uang saku, tetapi juga biaya pendidikan akan turut di terima oleh para penerima KIP Kuliah.

Ingin tahu kapan uang ini akan mengalir? Mari kita ikuti tahapan-tahapan yang harus di lalui untuk mengetahui kapan KIP Kuliah 2023 cair di semester ganjil. Terutama untuk semester 3:

  1. Langkah awal, perguruan tinggi akan mengirimkan surat kepada pimpinan perguruan tinggi terkait daftar mahasiswa yang berhak menerima KIP Kuliah 2023. Beserta data-data penting seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan rekening penerima.
  2. Selanjutnya, Pusat Layanan Pendidikan Kemendikbud akan memproses Syarat Pemberi Pinjaman dan Syarat Pemberi Manfaat selama 1-2 minggu. Asalkan dokumen-dokumen yang di perlukan telah lengkap.
  3. Kemudian, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) akan mempersiapkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dalam waktu 1 hari kerja, dan dana akan di transfer ke rekening penampungan di Pusat Layanan Pendidikan Kemendikbud.
  4. Pusat Layanan Pendidikan Kemendikbud akan memberi perintah kepada bank penyalur untuk melakukan transfer ke rekening masing-masing penerima. Proses ini akan memakan waktu 1-2 hari kerja.
  5. Pencairan uang untuk biaya hidup KIP Kuliah 2023 di semester ganjil akan di lakukan dalam batas waktu maksimal 30 hari kalender. Atau jika tidak di gunakan, dana akan di kembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.
  6. Bagi mahasiswa semester 3, uang KIP Kuliah 2023 di semester ganjil di perkirakan akan mulai di cairkan dari bulan September 2023 hingga Februari 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan