Soroti Kabar PKB Pindah Koalisi, PAN Singgung Soal Cawapres Prabowo di Pemilu 2024

JABAR EKSPRES – Kabar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ke Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) ditanggapi oleh Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay. Dalam keterangan resminya, ia mengaku tidak keberatan dengan keputusan PKB tersebut dan menyinggung soal bakal calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Namun, Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay menegaskan, jika memang benar PKB pindah dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ke Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) menjelang Pemilu 2024 seharusnya segera memberikan konfirmasi. Pasalnya, ia mengaku bahwa pihaknya baru mengetahui kabar tersebut dari media.

BACA JUGA: PKB Pindah ke Koalisi Perubahan dan Persatuan, PAN: Sepantasnya Pamitan dengan Koalisi Indonesia Maju

Lebih lanjut, Ketua DPP PAN tersebut mengatakan bahwa PKB terkesan khawatir terhadap adanya kompetitor lain dalam penentuan Cawapres Prabowo. Menurutnya, andaikan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) disepakati sebagai Cawapres Prabowo, pastilah PKB akan tetap di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Kita semua kan sama-sama sudah paham. PKB terkesan khawatir terhadap adanya kompetitor lain dalam penentuan Cawapres Prabowo. Andaikata Cak Imin disepakati sebagai Cawapres Prabowo, pastilah PKB akan tetap di Koalisi Indonesia Maju,” kata Saleh Partaonan Daulay dalam keterangan resminya, dikutip JabarEkspres.com pada Jumat, 1 September 2023.

BACA JUGA: Reaksi PAN Soal PKB Pindah dari KIM ke Koalisi Perubahan dan Persatuan, Saleh -Partaonan Daulay: Kan Sama-sama Sudah Paham…

Kemudian, ia pun mengatakan bahwa ini bukan soal masuknya Golkar dan PAN serta bukan soal perubahan nama Koalisi. Namun, lanjutnya, ini manuver PKB untuk mencari tempat bagi Cak Imin sebagai Cawapres.

“Ini bukan soal masuknya Golkar dan PAN. Bukan juga soal perubahan nama Koalisi. Ini adalah manuver PKB untuk mencari tempat bagi Cak Imin sebagai Cawapres. Di banyak kesempatan, hal ini disampaikan para pengurus PKB secara terbuka,” tegasnya.

Padahal, katanya, di Koalisi Indonesia Maju (KIM) semua anggotanya dilibatkan termasuk soal Cawapres Parabowo. Namun, hingga kini Koalisi tersebut belum menetapkan nama bakal Cawapres Prabowo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan