Sempat Dilaporkan Padam, Api Kembali Muncul di Zona 1 TPA Sarimukti

“Setiap zona masih ada asap. Zona 3 dan 4 masih belum terjangkau sama kita. Hari ini tetap dilakukan pemadaman menggunakan helikopter water bombing karena memang di setiap zona yang tidak terjangkau masih ada titik asap,” tandasnya.

Sebelumnya, Kebakaran sampah di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) di hari ke-12 sudah mereda setelah puluhan petugas damkar hingga helikopter water bombing dikerahkan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Jarot Peasetyo mengatakan, TPA Sarimukti saat ini dalam tahap pendinginan oleh petugas pemadam gabungan.

“Hari ini api sudah padam dan dalam tahap pendinginan setelah hampir dua pekan sejak pertama kali muncul di zona 4, alhamdulillah tertangani oleh petugas pemadam gabungan,” kata Jarot kepada wartawan, Kamis (31/8/2023).

Menurutnya, meski pada bagian atas api sudah tak terlihat, namun bara api di lahan sampah masih terlihat pada saat malam hari. Api tersebut masih terpantau di beberapa zona di lapisan bawah sampah yang terbakar.

Karena itu, lanjut Jarot hingga hari ke-12 ini petugas pemadam kebakaran, dibantu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan pendinginan hingga api bara api betul-betul tertangani.

“Malam hari terlihat titik api, barangkali ini adalah bara pembakaran dari gas metan,” jelas Jarot. (Mg5)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan