Revitalisasi Pasar Terus Berlanjut, Pemprov Tingkatkan Ekonomi Daerah

JABAR EKSPRES – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meresmikan Revitalisasi Pasar Rakyat Ciranjang Jabar Juara tahap 2 yang telah selesai dibangun menggunakan anggaran APBD Provinsi 2023, Kamis (31/8/2023).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti antara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Cianjur Herman Suherman bersamaan dengan diresmikannya Alun-Alun Ciranjang dan Pusat Informasi Wisata Budaya Gunung Padang.

Baca Juga: Samakan Persepsi, DPC Organda Kota Bogor Gelar Konsolidasi Internal Bersama KKU dan KKSU

Tampak hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, S.E., M.A.p serta Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Komarudin.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dirinya sebelumnya telah meresmikan pembangunan tahap 1 Pasar Rakyat Ciranjang Jabar Juara yang dilaksanakan pada April 2022 lalu. Lalu kemudian dilanjutkan kembali pembangunan tahap 2.

“Alhamdulillah tahap 1, 100-an kios, tahap 2, 290-an kios untuk kenyamanan pedagang di Ciranjang,” katanya dalam sambutannya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pasar Rakyat harus fokus pada peningkatan mutu dan kualitas dagangan yang diperdagangkan, termasuk tatakelola pasar yang memenuhi standar.

“Jika semua ini dapat terlaksana dengan baik, maka pasar rakyat seperti Pasar Ciranjang ini diyakini kuat tidak akan kalah bersaing dengan pasar moderen karena minat konsumen berbelanja ke pasar rakyat masih tinggi,” katanya.

Dengan tata kelola yang baik dan menarik, lanjut dia, maka kesan pasar rakyat yang kumuh akan berubah menjadi pasar yang bersih, sehat dan berdaya saing, jauh dari aroma sampah yang tidak sedap.

Kang Emil memastikan dengan melakukan penguatan pasar-pasar rakyat, maka dapat bermakna membantu masyarakat ataupun pedagang kecil dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga apa yang menjadi target Jabar Juara di bidang ekonomi kerakyatan bisa terwujud.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, menjelaskan, peresmian Pasar Ciranjang sebagai salah satu program dari Pasar Juara di Jawa Barat.

“Ekonomi harus bergerak untuk membangkitkan ekonomi rakyat di level bawah, maka revitalisasi pasar sebagai salah satu cara jitu dari program Pemulihan Ekonomi di provinsi Jawa Barat,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan