KIP Kuliah Semester Ganjil 2023 Kapan Cair? Simak di Sini!

JABAR EKSPRES- Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai kapan KIP Kuliah cair di semester ganjil 2023 ini? Bagi kamu mahasiswa yang sedang mencari informasi tersebut simak saja informasinya pada artikel ini.

Saat ini mahasiswa aktif sedang menunggu kepastian kapan KIP Kuliah cair untuk semester ganjil ini.

Untuk diketahui bahwasannya Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Indonesia bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Biasanya penerima Kartu Indonesia Pintar ini mendapat uang saku atau uang untuk membiayai hidup sehari-hari.

Kapan KIP Cair di Semster Ganjil?

Untuk mengetahui waktu pencairan dana Kartu Indonesia Pintar Kuliah 2023 pada semester ganjil bagi mahasiswa semester 3, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, perguruan tinggi akan mengirimkan surat kepada pimpinan perguruan tinggi yang berisi daftar calon penerima KIP Kuliah 2023 beserta data pendukung seperti laporan IPK dan rekening penerima.
  2. Setelah itu, Puslapdik Kemendikbud akan memproses SPP (Surat Perintah Pembayaran) dan SPM (Surat Perintah Membayar) dalam waktu 1-2 minggu jika dokumen sudah lengkap.
  3. Selanjutnya, KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) akan menyiapkan untuk menerbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dalam waktu 1 hari kerja, dan dana akan ditransfer ke rekening Puslapdik Kemendikbud.
  4. Puslapdik Kemendikbud kemudian akan memberikan instruksi kepada bank yang bertugas untuk melakukan proses transfer dana ke rekening penerima. Proses ini akan memakan waktu 1-2 hari kerja.
  5. Dana untuk biaya hidup KIP Kuliah 2023 pada semester ganjil dan genap akan dicairkan paling lambat dalam 30 hari kalender, atau jika tidak, dana akan dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.
  6. Untuk pencairan dana KIP Kuliah 2023 pada semester ganjil untuk mahasiswa, perkiraan waktu pengiriman adalah dari bulan September 2023 hingga Februari 2024.

Dengan informasi di atas, diharapkan Anda telah memahami kapan dana Kartu Indonesia Pintar Kuliah 2023 akan cair pada semester ganjil untuk mahasiswa.

Itulah informasi mengenai kapan cairnya KIP Kuliah untuk mahasiswa semester ganjil, semoga artikel ini bermanfaat.***

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan