Dorong Akselerasi Inklusi Digital dan Keuangan, Mastercard Sebagai Inisiator Strive Sambut Mitra Baru

JABAR EKSPRES — Upaya untuk mempersiapkan usaha kecil agar dapat meraih kesuksesan di era ekonomi digital, yang secara signifikan akan memperluas jangkauan program, Mastercard Strive Indonesia secara resmi mengumumkan bergabungnya sembilan mitra baru.

Para mitra baru ini berasal dari berbagai industri seperti e-commerce, perbankan, dan modal ventura, dan akan bekerja bersama dengan para inisiator program ini, yaitu Mastercard Center for Inclusive Growth, Dewan Nasional Keuangan Inklusif, dan Mercy Corps Indonesia.

Diluncurkan pada bulan April tahun ini, Mastercard Strive Indonesia bertujuan untuk memberdayakan 300.000 pelaku usaha pada tahun 2025, dengan target khusus pada usaha yang dimiliki oleh perempuan.

BACA JUGA: Tingkatkan Literasi Keuangan dan Digital Usaha Nasabah, PNM Cimahi Hadirkan PKU Akbar

Untuk mencapai tujuan tersebut, Mastercard Strive Indonesia menggandeng sejumlah mitra baru yang akan mendukung berbagai elemen dalam program ini:
• Shopee dan MicroMentor Indonesia, yang akan membantu membangun keterampilan digital melalui pemanfaatan perangkat digital yang mencakup penyebaran informasi, pelatihan, pendampingan, pemrosesan pembayaran, dan pemasaran digital.
• Payment gateway Doku untuk mempercepat adopsi digital bagi usaha kecil dengan meningkatkan opsi pembayaran yang nyaman dan aman, termasuk alat digital dan program pelatihan untuk mengembangkan bisnis mereka secara digital.
• Bank bjb, akan menyediakan edukasi literasi keuangan, pengelolaan keuangan berbasis digital, serta berbagai sumber daya edukatif bagi usaha kecil. Fokus utama mereka adalah untuk mengatasi kendala-kendala yang ada dan membuka peluang akses terhadap layanan kredit.
• Penelitian mengenai digitalisasi usaha kecil akan dilakukan oleh 60 Decibels yang akan menjadi dasar bagi Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk membangun Strive Digitalization Learning Networks, sebuah platform untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan menginformasikan kebijakan yang mendukung usaha kecil.
• Komunitas usaha kecil Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) dan Perwira PMI akan membentuk jaringan mentor untuk pengembangan usaha kecil.

Mastercard Strive Indonesia berpusat pada penguatan ekosistem pendukung usaha kecil dengan menjawab tiga tantangan utama yang dihadapi oleh UMKM, yaitu mendapatkan modal, go digital, serta mengembangkan jaringan dan pengetahuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan