Seleksi Petugas Haji 2024 Bakal Segera Digelar oleh Kemenag

JABAR EKSPRES – Seleksi petugas Haji 2024 bakal segera digelar oleh Kementerian Agama.

Diketahui operasional haji 2023 berakhir pada 5 Agustus 2023. Oleh karena itu, Kemenag saat ini tengah bersiap untuk persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2024, salah satunya adalah bakal segera menggelar seleksi petugas.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan seleksi petugas haji, karena semua harus clear tahun ini,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (30/8/2023).

Hilman menyampaikan banyak Pelajaran yang didapatkan dalam penyelenggaran haji 2023 sebelumnya yang mengusung tagline Haji Ramah Lansia.

Ia berkomitmen untuk kedepannya bisa memperkuat lini layanan jemaah haji yaitu dengan memperkuat barisan petugas haji Indonesia, baik secara kualifikasi, fisik, usia, skema penempatan, dan lainnya.

BACA JUGA: Jemaah Haji 2024, Penyiapan Dokumen Bakal Dilakukan Lebih Awal

Jumlah Kuota Petugas Haji 2024

Diketahui Indonesia mendapat 221.000 kuota haji pada 2024 nanti.

Sementara itu, untuk kuota petugas haji saat ini baru 2.200 dan tahun sebelumnya pada 2023 jumlah petugas haji lebih dari 4000.

Adapun Kementerian Agama masih bernegosiasi dengan pemerintah Arab Saudi agar kuota petugas haji bisa ditambahkan.

BACA JUGA: Wacana Larangan Haji Lebih dari Satu Kali untuk Pangkas Antrean Panjang

“Kami masih negosiasikan. Jika hasil negosiasi kuota petugas tidak bisa sebanyak tahun 2023, ini akan menjadi tantangan Kemenag untuk mereformulasi petugas secara lebih efektif dan efisien dengan kinerja yang terukur pada bidangnya,” ujar Hilman.

 

Tinggalkan Balasan