Iker Lecuona Kembali Gantikan Alex Rins di MotoGP Catalunya

Jabar Ekspres – Pada akhir pekan ini, Sirkuit Barcelona-Catalunya akan menjadi saksi bagi perubahan dalam line-up MotoGP Catalunya. Pembalap Honda dari ajang World Superbike (WSBK), Iker Lecuona, akan kembali mengambil peran sebagai pengganti untuk Alex Rins.

Tim LCR Honda mengumumkan melalui media sosial resmi mereka bahwa pembalap reguler mereka, Alex Rins, meskipun menunjukkan kemajuan yang positif dalam pemulihan cederanya, masih belum siap untuk berkompetisi dalam GP Catalunya. Sebagai gantinya, rekan sesama Spanyolnya, Iker Lecuona, akan mengisi tempatnya.

BACA JUGA: Masih Cedera, Iker Lecuona Akan Gantikan Alex Rins di MotoGP Inggris

Keputusan ini datang setelah Alex Rins mengalami cedera serius dengan patah tulang tibia dan fibula dalam balapan Sprint MotoGP Italia pada awal Juni.

Meskipun proses pemulihannya berlangsung, tim LCR Honda memutuskan bahwa kembali berkompetisi di GP Catalunya belum layak bagi Rins. Bagi Iker Lecuona, ini bukan kali pertama ia menggantikan Honda di ajang MotoGP 2023.

Sebelumnya, ia telah tampil di MotoGP Spanyol di Jerez, MotoGP Belanda di Assen, dan MotoGP Inggris di Silverstone. Meskipun hasilnya bervariasi, Lecuona telah menunjukkan potensi yang cukup saat menggantikan rekan-rekannya.

Lecuona pertama kali mengisi tempat Joan Mir di Tim Repsol Honda di Jerez dan berhasil finis di posisi ke-16 pada Grand Prix Spanyol. Di dua perlombaan berikutnya, yaitu di Assen dan Silverstone, ia mampu mencetak poin yang signifikan.

BACA JUGA: Tinggalkan Pramac Ducati, Johann Zarco Perkuat LCR Honda di MotoGP Musim Depan

Sementara itu, untuk Alex Rins, tahun ini akan menjadi akhir perjalanannya bersama tim satelit Honda. Pada musim MotoGP 2024, ia akan pindah ke tim pabrikan Yamaha, Monster Energy Yamaha.

Rins telah mengungkapkan bahwa performanya dalam tim satelit Honda tidak berkembang sebagaimana yang diharapkan, terutama dengan cedera yang membatasi partisipasinya dalam beberapa Grand Prix.

“Sebenarnya saya akan lebih mengapresiasi jika mereka juga memberikan saya sedikit dukungan,” kata Rins mengomentari pengalamannya di Honda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan