Hengky Kurniawan Imbau Masyarakat KBB Agar Olah Sampah

JABAR EKSPRES – Hengky Kurniawan selaku Bupati Bandung Barat meminta kepada masyarakat di Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk mengoptimalkan pengolahan sampah hingga tingkat kecamatan.

Dengan terbakarnya TPA Sarimukti hingga kini, seharusnya momen ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak untuk memaksimalkan pengolahan sampah.

“Hal yang harus dilakukan saat ini adalah dengan melakukan reformasi persampahan yakni pengelolaan sampah harus tuntas di kecamatan masing-masing,” ucap Hengky Kurniawan, dilansir dari Pemkab Bandung Barat.

Orang nomor satu di KBB itu melanjutkan, kini pihaknya tengah memberikan edukasi secara masif kepada masyarakat agar dapat melakukan pemilahan sampah, dimulai dari rumah masing-masing.

BACA JUGA: Kebakaran TPA Sarimukti Mulai Membaik

BACA JUGA: Promosi Wisata KBB Tahun 2023 Telan Dana Hingga Rp2 Miliar

“Tingkat kepedulian dalam mengelola sampah harus mulai dilakukan di rumah tangga. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga di Jepang,” katanya.

Dia mengungkapkan, anggaran untuk merealisasikan program pengolahan sampah di KBB memang cukup besar. Namun, harapannya pengolahan sampah dapat dilakukan dari sekarang sehingga angka sampah di kabupaten tersebut dapat berkurang.

Sementara itu, mengenai pemadaman api di TPA Sarimukti, Hengky Kurniawan menuturkan bahwa upaya pemadaman api tengah dilakukan oleh petugas gabungan.

“Pemadaman api terus dilakukan, mudah-mudahan kebakaran ini segera teratasi dan untuk ketersediaan logistik dan obat bagi warga terdampak terus kita penuhi,” tuturnya. (*)

BACA JUGA: TPA Sarimukti Overload, Bandung Raya Diintai 6 Ancaman

BACA JUGA: Wakil Ketua Banggar DPR-RI Minta Pemerintah KBB Keluarkan Perda Perlindungan Lahan Pertanian

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan