Fakta Menarik Fenomena Blue Supermoon yang Bakal Terjadi Akhir Agustus 2023, Jadwal hingga Prosesnya

JABAR EKSPRES – Fenomena Blue Supermoon, akan kembali muncul pada akhir Agustus 2023. Situs Space melaporkan bahwa Blue Moon di akhir Agustus adalah fenomena bulan purnama kedua dalam satu bulan, setelah Bulan Purnama Sturgeon pada tanggal 1 Agustus.

Penting untuk dicatat bahwa Fenomena Blue Supermoon Agustus 2023 juga akan terlihat di Indonesia. Berikut beberapa fakta menarik mengenai fenomena ini.

Mengenai “Supermoon” Blue Moon Agustus 2023

Menurut laporan dari situs Space, Blue Moon Agustus 2023 akan menjadi Supermoon.

Super Blue Moon terjadi ketika bulan purnama bersamaan dengan perigee, yaitu saat bulan berada paling dekat dengan Bumi dalam orbitnya.

Pada momen ini, bulan akan terlihat sedikit lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Meskipun mungkin tidak terlalu mencolok bagi pengamat biasa.

Baca juga : Fenomena Menarik Apa Itu Gempa Swarm di Salatiga yang Perlu Diketahui

Terdapat dua jenis Blue Moon, yaitu Blue Moon kalender (kedua bulan purnama dalam satu bulan) atau Blue Moon musiman (keempat bulan purnama dalam satu musim).

Musim dalam hal ini mengacu pada periode antara titik balik matahari hingga titik balik matahari berikutnya. Misalnya, musim panas dimulai pada 21 Juni dan berakhir pada 23 September.

Dalam hal ini, meskipun ada tiga bulan purnama antara 21 Juni dan 23 September, dua di antaranya terjadi pada bulan Agustus karena bulan tersebut memiliki 31 hari.

Oleh karena itu, Blue Moon Agustus ini adalah jenis Blue Moon kalender, bukan musiman.

Jadwal Blue Moon Agustus 2023

Laporan dari situs Space menyebutkan bahwa Blue Moon kedua dalam bulan ini akan terjadi pada tanggal 30-31 Agustus 2023.

Di Indonesia, Blue Moon bisa diamati pada tanggal 31 Agustus 2023 pukul 08.35 WIB, 09.35 WITA, atau 10.35 WIT.

Blue Moon ini juga merupakan Supermoon, yang berarti akan terjadi saat perigee, yaitu saat bulan berada paling dekat dengan Bumi.

Meskipun hanya terlihat sekitar 7% lebih besar dari biasanya, ini akan memberikan pengalaman visual yang menarik bagi para pengamat.

Proses Terjadinya “Supermoon” Blue Moon Agustus 2023

Blue Moon mengacu pada bulan purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat bulan purnama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan