Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Polusi Udara!

JABAR EKSPRES – Kualitas udara yang kurang bagus, hingga masuk dalam kategori polusi udara yang kurang sehat, dapat berakibat terkena berbagai penyakit.

Berikut ini ketahui berbagai risiko penyakit yang disebabkan oleh polusi udara:

Penyakit Akibat Polusi

  • Pneumonia 

Udara yang kurang baik dapat menyebabkan pneumonia yang merupakan sebuah infeksi pada pernapasan yang parah, pneumonia ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang dapat berakibat ringan hingga mengancam nyawa.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya Mudah Mengantuk Secara Berlebihan! 

  • Kardiovaskular 

Penyakit kardiovaskular diketahui dapat disebabkan oleh polusi udara dan juga oleh tekanan darah yang meningkat, karena diketahui bahwa partikel dalam udara yang telah tercemar dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah secara siginifikan.

Kardiovaskular sendiri merupakan sebuah penyakit yang masuk dalam kelompok gangguan kesehatan pada jantung dan juga pembuluh darah.

  • Kanker 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh badan internasional yang berada di bawah naungan WHO, polusi udara yang berada di luar ruangan telah dimasukkan sebagai salah satu penyebab kanker.

Bagian-bagian kecil pada polusi udara diketahui memiliki sifat karsinogen yang dapat berakibat memicu perkembangan penyakit kanker.

IARC memberikan kesimpulan bahwa polusi udara pada luar ruangan dapat memicu risiko kanker paru-paru dan juga peningkatan risiko kanker kandung kemih.

BACA JUGA: Merawat Rambut Rontok, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan!

  • Bronchopneumonia

Penyakit yang disebabkan oleh polusi udara lain adalah bronchopneumonia, akibatnya terjadi infeksi dan juga peradangan di bronkus dan alveolus.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan pertukaran udara dengan darah berkurang karena terjadinya penyempitan pada saluran udara tersebut.

  • Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA sendiir merupakan infeksi yang menyebabkan adanya peradangan pada saluran pernapasan, gejala pada penyakit ini umumnya seperti pilek, batuk dan juga demam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan