5 Efek Samping Insomnia, Gak Bisa Diabaikan!

JABAR EKSPRES- Karena gaya hidup terkadang kita tidak bisa tidur di malam hari, mungkin hal tersebut mengindikasikan insomnia. Efek samping dari insomnia adalah nyata dan luas jangkauannya.

Insomnia dapat menyebabkan kelelahan di siang hari, memengaruhi konsentrasi, menyebabkan perubahan suasana hati, dan menurunkan produktivitas. Dalam jangka panjang, hal ini meningkatkan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung, obesitas, dan depresi.

Memahami dampak buruknya sangatlah penting, karena perubahan gaya hidup sejak dini dapat membantu mengelola dan meringankan masalah yang meluas ini. Dalam masyarakat di mana kurang tidur sudah menjadi hal yang wajar, penting untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan di balik dampaknya terhadap kesejahteraan kita.

Efek Samping Insomnia

Tidak tidur 7 hingga 9 jam yang ideal mempunyai dampak kesehatan yang serius. Seringkali, orang mengandalkan secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk dan menjadi sedikit lebih produktif atau menyelesaikan suatu tugas. Tampaknya ini merupakan perbaikan yang sangat cepat, namun ternyata, ini bukanlah solusi yang sehat. Tidur adalah kebutuhan fisiologis dan secangkir kopi bukanlah pengganti 7 hingga 9 jam tidur Anda.

Pengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh

Diketahui bahwa sistem kekebalan menghasilkan zat yang melawan infeksi seperti antibodi dan sitokin. Antibodi dan sitokin membantu melawan virus dan bakteri. Insomnia menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan tertundanya pemulihan secara keseluruhan dari beberapa penyakit atau implikasi kesehatan.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur untuk Mencegah Mimpi Buruk dan Membawa Ketenangan

Selain itu, kurang tidur meningkatkan kemungkinan menderita penyakit kronis.

Berpengaruh terhadap sistem pernafasan

Menambah efek samping insomnia adalah efek pada sistem pernapasan. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang sangat serius. Dalam hal ini, individu mengalami kesulitan bernapas saat tidur, yang menyebabkan berkurangnya jam tidur dan menurunkan kualitas tidur .

Baca juga: Rahasia Tidur Nyenyak! 7 Tips Sederhana untuk Mendapatkan Istirahat yang Lebih Baik

Hal ini membuat individu lebih rentan terhadap infeksi paru-paru, flu, dan pilek. Orang yang mengalami infeksi paru-paru disertai insomnia dapat memperburuk kondisinya.

Berpengaruh pada sistem kardiovaskular

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan