Ridwan Kamil Tingkatkan Ribuan Wartawan Berkompeten di Jawa Barat!

JABAR EKSPRES – Kepemimpinan Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil akan lengser dalam hitungan hari. Namun, dirinya telah berhasil menorehkan beragam prestasi. Salah satunya adalah meningkatkan jumlah wartawan berkompeten hingga 1.000 orang.

“Saya anggarkan agar jumlah wartawan yang kompeten, jumlahnya meningkat, tidak satu, tidak 100, saya bilang 1.000 langsung,” ujarnya pada acara Kickoff West Java Festival 2023, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Menurutnya, seluruh wartawan, terutama yang berada di Jawa Barat harus memiliki kompetensi yang mumpuni. Sehingga dapat menghasilkan berita yang berkualitas.

Baca juga: 5 Tahun Jabar Masagi: Pendidikan Karakter Memanusiakan Manusia Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal

“Semua bisa jadi wartawan, tapi harus naik kelas,” sambungnya.

Keputusannya tersebut, merupakan pengaruh salah satu dari tiga rumus kepemimpinan yang telah Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil terapkan.

Rumusan pertama, pemimpin harus bisa disukai. Kedua, pemimpin harus memiliki daya transformasi. Terakhir, pemimpin harus terekam.

“Yang ketiga, harus terekam. Media sebagai pilar demokrasi, merekam (dan) memberitakan minimal, saya memohon, memberitakan pencapaian,” ungkapnya.

Alasan pemberitaan mengenai pencapaian harus terekam agar masyarakat mengetahui pencapaian apa saja yang telah diraih oleh pemimpin di wilayahnya.

Diketahui, angka kebebasan pers pada masa kepemimpinan Ridwan Kamil, naik hingga peringkat dua menuju ke satu.

“Anda-anda sekarang ini hidup di wilayah yang kebebasan pers yang dulu ranking 29, ayeuna (sekarang) ranking dua menuju ranking satu,” paparnya.

Meningkatkan kompetensi wartawan, merupakan bagian dari rangkaian program Ridwan Kamil dalam memperbaiki Jawa Barat dalam urusan politik, administrasi hukum, ekonomi, dan sebagainya.

Baca juga: Inilah Kunci Keberhasilan Ridwan Kamil dalam Memimpin Jabar!

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan