Dinkes Bentuk Tim Pemantapan Upaya Wujudkan Sekolah Peduli TBC

JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Banten, telah membentuk tim untuk memperkuat gerakan bersama menuju eliminasi (Ransel) tuberkulosis (TBC), sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan kesadaran sekolah terhadap TBC.

“Kami perlu kerjasama dari berbagai pihak dengan membentuk tim yang akan menguatkan program Ransel TBC, guna mewujudkan sekolah yang peduli terhadap TBC serta penanggulangan TBC pada anak-anak di Kota Tangerang,” ujar dr. Dini Anggraeni, Kepala Dinkes Kota Tangerang, dalam Rapat Koordinasi Pembentukan Tim Pemantapan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi (Ransel) Tuberkulosis (TBC) pada Anak di Kota Tangerang, pada hari Senin (28/8/2023), dikutip oleh Jabarekspres.com dari ANTARA.

BACA JUGA: Mengukur Kualitas Udara di Rumah dari Polusi, Pendekatan Alami yang Efektif

Dini Anggraeni menyatakan bahwa di Kota Tangerang, angka kesembuhan kasus TBC sudah mencapai 92 persen. Prestasi ini juga diperoleh berkat peran aktif Kader Asmara TBC dalam mendeteksi kasus dan mendampingi pasien TBC dalam minum obat di wilayah tersebut.

“Pembentukan tim ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurikulum terkait penanggulangan TBC dapat berjalan dengan baik, dan kami juga menggandeng Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama untuk melibatkan sekolah-sekolah dan pesantren,” tambahnya.

Sementara itu, tim yang bertanggung jawab atas program Ransel TBC anak di Kota Tangerang melibatkan berbagai instansi terkait, praktisi kesehatan, komunitas, dan berbagai sektor terkait.

“Harapannya, tim ini akan mengembangkan kurikulum untuk penanggulangan TBC di sekolah, melibatkan guru UKS dan siswa SMP, serta memperkuat kapasitas Kader Asmara TBC dalam menangani TBC pada anak-anak dan mengembangkan materi edukasi terkait TBC pada anak,” jelasnya.

Prof. Sudijanto Kamso, Ketua Komite Ahli TBC Indonesia, mengapresiasi Gerakan Bersama Menuju Eliminasi (Ransel) Tuberkulosis (TBC) yang digagas oleh Dinkes Kota Tangerang, karena pendekatan ini secara cepat dapat mengidentifikasi kasus-kasus yang dicurigai di lingkungan sekolah.

BACA JUGA: Dampak Gempa di Banten, 1 Rumah di Bandung Barat Roboh 

“Inisiatif Ransel TBC pada anak ini sangat positif untuk cepat mendeteksi kasus yang dicurigai di lingkungan sekolah. Kota Tangerang juga dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam penanggulangan TBC di tingkat nasional,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan