Aksi Water Bombing TPST Sarimukti Berlanjut, BNPB Berhasil Siram 892 Ribu Liter Air

JABAR EKSPRES – Dalam upaya padamkan kebakaran di TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) turunkan ratusan ribu liter air dari helikopter water bombing.

Operasi Pemadaman Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Sarimukti dengan helikopter water bombing akan berlanjut hingga hari ini, Senin, 28 Agustus 2023.

Dikompilasi Jabar Ekspres dari berbagai sumber, sebanyak 120.000 liter atau sekitar 120 ton air berhasil ditumpahkan pada tumpukan sampah yang terbakar melalui helikopter water bombing milik BNPB.

BACA JUGA: Bandung Darurat Sampah , DLH Kabupaten Bandung Minta Semua Pihak Beri Respon Cepat

Mengudara selama 9 jam 38 menit, helikopter berhasil melepas 110 kali water bombing atau sekitar 440.000 liter air di hari kedua TPST Sarimukti.

Upaya terus berlanjut dan berhasil melepas 332.000 liter air dari udara ke lahan yang masih terbakar pada Minggu 27 Agustus 2023.

Upaya pemadaman api selama tiga hari tersebut berhasil menyiram dari udara dengan jumlah total 892.000 liter air.

BACA JUGA: Ibarat Bom Waktu, DPRD KBB Minta TPA Sarimukti Ditutup Permanen!

Tak hanya itu, Upaya lain juga dilakukan oleh tim gabungan dengan menggunakan mobil tangka air dan personel darat untuk mempercepatan pemadaman api.

Hingga saat ini, asap mulai berkurang dan jarak pandang pengelihatan sudah jauh lebih membaik daripada saat pertama kali operasi water bombing dilakukan pada Jumat (25/8) yang lalu.

Dilaporkan, saat ini titik api di permukaan sekitar 90% sudah berhasil dipadamkan, namun titik api di dalam tumpukan sampah diperkirakan masih 40% yang menyebabkan masih munculnya kepulan asap ke permukaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan