PJ Wali Kota Cimahi: ASN Harus Bisa Bertransformasi

JABAR EKSPRES – PJ Wali Kota Cimahi H Dikdik S Nugrahawan mengatakan, transformasi ASN merupakan bagian dari reformasi birokrasi dan reformasi birokrasi adalah sebagian dari agenda besar pemerintah yaitu Indonesia maju Indonesia emas.

 

Reformasi birokrasi kata dia, adalah perubahan besar dalam paradigma dan tata kelola pemerintah untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan memegang teguh nilai-nilai dasar organisasi. Reformasi melibatkan semua pihak dalam penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pegawai negeri.

BACA JUGA: Tegas! Pemkab Bogor Tolak Pembangunan Rest Area Selarong, Apa Alasannya?

“Seiring dengan perkembangan zaman perubahan dalam struktur dan cara kerja birokrasi menjadi suatu keharusan. Reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan sistem yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat melalui inovatif dalam merumuskan kebijakan lebih akuntabel dalam pelaksanaan tugasnya,” kata dia, Rabu (23/8).

 

Lebih lanjut Dikdik menyampaikan ada 8 area penting dalam manajemen pemerintahan. Salah satunya adalah perubahan mindset dan Cultureset .Mindset dan Cultureset merupakan komponen kunci dalam proses reformasi birokrasi yang sukses. Melibatkan pergeseran dalam cara kita berpikir, berperilaku, dan berinteraksi di lingkungan kerja.

 

“Dengan menggabungkan perubahan mindset yang progresif dengan budaya kerja yang mendukung organisasi dapat menciptakan lingkungan yang lebih dinamis, inovatif, dan adaptif, akan berdampak positif pada pelayanan publik dan pencapaian tujuan organisasi,” imbuhnya.

 

Kata dia, sosialisasi ini merupakan wujud komitmen Pemerintah kota Cimahi untuk menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, menghilangkan ego sektoral, serta mewujudkan budaya melayani bukan dilayani.

 

“Ini merupakan hal yang penting bagi pejabat atau pegawai di lingkungan Pemerintah kota Cimahi untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai dasar ASN berakhlak sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik untuk organisasi dan masyarakat,” ucap Dikdik.

 

Dalam rangka pembentukan karakter Aparatur Sipil Negara ( ASN) dalam melaksanakan pelayanan publik, serta memiliki nilai-nilai inti ASN dalam memperkuat budaya kerja, pemerintah memberikan arahan supaya seluruh instansi pemerintah dan daerah mengimplementasikan Core Values Berakhlak dan Employer Branding ASN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan