BPBA Lakukan Penyelidikan Penyebab Terbakarnya Pesantren Gontor di Aceh

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengungkapkan bahwa pihaknya tengah melaksanakan penyelidikan terhadap terbakarnya Pesantren Gontor di Kabupaten Aceh Besar. Kebakaran tersebut terjadi pada 10 ruangan yang meliputi sembilan ruang santri dan satu ruang guru.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” ucap Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulanagan Bencana BPBA, dikutip dari ANTARA oleh Jabarekspres.com, Rabu (23/8/2023).

BACA JUGA: Pemkab Lombok Lakukan Penghijauan Hutan Desa Lantan, Tanam 1.500 Bibit Pohon

Ilyas menjelaskan bahwa kebakaran di Pesantren Gontor, Gampong Meunasah Baroe, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar terjadi pada hari Rabu (23/8/2023) dini hari, sekitar pukul 02.45 WIB. Akibatnya, sebanyak 9 unit ruangan santri dan 1 ruang dewan guru terbakar hangus. Dikabarkan juga tidak terdapat korban jiwa dari peristiwa itu.

“Korban terdampak 100 orang santri, yang (saat ini) mengungsi ke mushola. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” jelasnya.

Menurutnya, BPBD Aceh Besar telah mengirimkan sebanyak delapan unit pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian yang meluputi tiga unit Pos Induk Sibreh, dua unit armada Pos Seulimum, dua unit Pos Jantho, dan satu unit Pos Saree.

BACA JUGA: Kebakaran TPAS Sarimukti Belum Padam, Ridwan Kamil Perintahkan Bupati KBB Segera Keluarkan Status Darurat Bencana

“Dengan dukungan 25 personel untuk melakukan penanganan pemadaman dan pendinginan. Api berhasil dipadamkan pukul 06.01 WIB,” terangnya.

Proses pemadaman juga turut dibantu oleh TNI/Polri, masyarakat, dewan guru, serta para santri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan