LRT Jabodebek Siap Beroperasi pada 28 Agustus 2023

JABAR EKSPRES – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah mengonfirmasi bahwa LRT Jabodebek akan resmi beroperasi pada tanggal 28 Agustus 2023.

Jadwal LRT Jabodebek 28 agustus ini mengalami penundaan dari rencana awal yang sebelumnya di jadwalkan pada tanggal yang sama.

Dalam langkah yang menarik, LRT Jabodebek akan di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal yang telah di tetapkan pada 28 Agustus 2023.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, John Robertho, mengungkapkan bahwa persiapan menuju pengoperasian sedang berlangsung dengan melibatkan berbagai pihak terkait.

Baca juga : Naik LRT Jabodebek Gak Pake Ribet! Akses Mudah dan Tarif Terjangkau

Kini, KAI bersama para pemangku kepentingan tengah melaksanakan serangkaian uji coba atau trial run LRT Jabodebek secara bertahap.

John menjelaskan, “Kami terus melakukan uji operasi bersama dengan semua pihak terkait. Hari ini, kami telah mengoperasikan 22 rangkaian kereta untuk mencapai titik sesuai dengan skenario yang telah kami rencanakan untuk peluncuran pada tanggal 28, yang akan di hadiri oleh Presiden Jokowi.” Konferensi pers ini di adakan di Stasiun LRT Dukuh Atas pada hari Selasa (22/8/2023).

John menyoroti bahwa tantangan yang masih di hadapi dalam operasional LRT Jabodebek adalah sistem operasional itu sendiri.

KAI sedang bekerja keras untuk menyempurnakan sistem operasional tersebut guna mendapatkan izin operasional dari Kementerian Perhubungan.

“Masih terdapat beberapa hal yang perlu di selesaikan, terkadang ada permasalahan dengan pintu yang belum terbuka. Saat ini, tim Siemens sedang mencari solusi melalui perangkat lunaknya. Kami melakukan evaluasi dan perbaikan setiap hari. Kami berharap semua ini dapat di selesaikan bersama tim Siemens sebelum tanggal 28,” tambahnya.

Baca juga : LRT Jabodebek Generasi Ke-3 Tanpa Masinis Siap Beroperasi Mulai 18 Agustus 2023!

Sementara itu, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, menambahkan bahwa persiapan operasional LRT Jabodebek telah berjalan baik. Dengan mencakup aspek kenyamanan perjalanan, perangkat lunak, dan sinkronisasi antara pintu kereta dengan pintu stasiun.

“Kami puas dengan kemajuan yang telah di capai, namun kami berharap akan ada perbaikan lebih lanjut sebelum tanggal peluncuran pada 28 Agustus,” tambah Kartika.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan