Kemenko Marves dan Kadin Gelar ISF, Berkomitmen Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi

JABAR EKSPRES – Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) telah memastikan komitmennya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia. Salah satu upaya dalam hal ini adalah penyelenggaraan Indonesia Sustainability Forum (ISF) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Rachmat Kaimuddin, Deputi Transportasi dan Infrastruktur Kemenko Marves, mengungkapkan bahwa saat ini dunia tengah berada dalam perlombaan melawan waktu untuk mencapai komitmen nol emisi karbon serta mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

BACA JUGA: Dorong Ekonomi Digital, Telkom dan KADIN Sepakat Digitalisasikan UMKM

Rachmat menyatakan bahwa ISF merupakan kontribusi nyata Indonesia dalam merespons tantangan yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dan maju dalam menerapkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Lebih lanjut, Rachmat menyatakan bahwa upaya global harus memperhitungkan berbagai prioritas dan kepentingan negara-negara maju dan berkembang, agar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat dirasakan secara adil dan merata oleh semua orang.

Rachmat mengharapkan agar ISF mampu menjadi platform kolaborasi lintas negara yang baru dan adil, sesuai harapan pemerintah Indonesia.

Shinta Kamdani, Wakil Ketua Umum Koordinator Kadin Indonesia Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri, menyatakan bahwa prinsip berkelanjutan adalah langkah penting bagi Indonesia untuk menghindari jebakan pendapatan kelas menengah dan mencapai pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen demi mencapai target Indonesia Emas pada tahun 2045.

Shinta menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha dalam memastikan percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

BACA JUGA: Nilai Ekspor Non-Migas Provinsi Lampung ke ASEAN Terhitung 50,38 Juta Dolar AS

Kadin juga mengajak semua pelaku usaha di Indonesia serta calon investor untuk memanfaatkan peluang di bidang keberlanjutan yang berpotensi menjadi sektor perekonomian yang menjanjikan di masa depan.

ISF, yang akan diadakan pada 7-8 September 2023 di Jakarta, menjadi ajang pertemuan antara pemangku kebijakan, pakar ahli, dan investor dari seluruh dunia untuk membangun kemitraan dalam bidang keberlanjutan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi berwawasan lingkungan. Perhelatan ini diharapkan menjadi titik pertemuan para pelaku yang mendorong keberlanjutan untuk berdiskusi dan berbagi gagasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan